Kak Mita : Karena Dengan Mencoba Semua Hal Baru Kita Dapat Menemukan Minat Serta Karir yang Kita Dambakan

     Malam hari pada Sabtu, 4 Desember 2021 penulis berkesempatan untuk berbicang dengan Kak Pramita Indrarini yang merupakan salah satu Alumni Biologi UI Angkatan 2010. Saat ini Kak Mita sedang bekerja sebagai learning facilitator di United in Diversity Indonesia. Saat masa SMA, awalnya Kak Mita sama sekali tidak terpikirkan untuk kuliah di jurusan biologi, beliau hanya tertarik pada lingkungan tetapi tidak harus jurusan biologi. Saat memasuki jurusan biologi, Kak Mita sudah mengetahui minatnya saat itu, karena saat memasuki dunia perkuliahan, Kak Mita akan benar-benar terjun ke lapangan, seperti ke hutan dan juga langsung bertemu orang yang ahli di bidangnya masing masing. 

      Setelah lulus dari Biologi UI, Kak Mita sempat bimbang bagaimana cara ia dapat menyalurkan hobi yang saat itu Kak Mita senangi namun juga dapat melakukan sesuatu yang menurut Kak Mita benar-benar pas. Kak Mita mengatakan, “menjadi peneliti was not something that I have to do”, sehingga Kak Mita menjadi termotivasi bagaimana caranya agar ia bisa menyalurkan ilmu yang didapatkan selama kuliah tanpa harus menjadi seorang peneliti. Saat berkuliah, Kak Mita selalu mencari tahu apa yang dapat dilakukan oleh seorang biologis ketika lulus selain sebagai peneliti terkhusus di bidang lingkungan. 

      Suatu hari ka Mita berbincang dengan kak Heri yang merupakan alumni Biologi angkatan 1998, kemudian kak Heri menawarkan untuk kerja bersama beliau di Ligula yang terfokus di bidang ecotourism. Sadar bahwa kesempatan tidak datang dua kali, kak Mita tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dari sinilah  Kak Mita merasa bahwa ilmu biologi itu dapat mengedukasi, memberikan awareness kepada orang-orang yang belum terekspos untuk isu seperti ini, khususnya lingkungan. 

      Kak Mita mengambil kesempatan bekerja di United in Diversity karena merasa ini merupakan opportunity untuk mendalami ilmu yang Kak Mita minati. Untuk bekerja di perusahaan tersebut, tidak ada syarat khusus namun harus tahu apa yang kita ingin lakukan terlepas dari nyaman atau tidak. Syarat pertamanya itu kemauan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Satu hal yang terpenting yaitu mau mengkontribusikan diri, tenaga, waktu dan juga hati untuk melakukan hal-hal yang telah disebutkan. 

      Menurut Kak Mita, tidak ada skill khusus yang diperlukan untuk menghadapi dunia pekerjaan, yang penting adalah berani untuk mencoba hal baru, membuka hati dan juga pikiran, serta niat, membawa diri apa adanya. Karena bagaimanapun biologi ini merupakan ilmu yang bermanfaat untuk dunia. Jika di tengah perjalanan kita merasa tidak nyaman, lelah atau apapun itu cukup hadapi saja karena itu merupakan bagian dari perjalalanan kita.

       Kak Mita berpesan kepada mahasiswa biologi untuk terus merasa bangga dapat memiliki kesempatan untuk mempelajari ilmu sekeren biologi, karena itu merupakan sebuah privilege tentang betapa berhaganya keterkaitan antar makhluk hidup yang ada di bumi ini. 

 

Ditulis oleh Staf Magang 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.