Biologeek, Komik Lucu Bertemakan Biologi

Biologi sebagai cabang sains, selalu dikaitkan kesulitan dipahami oleh masyarakat awam. Bagi orang yang lebih menyukai ilmu sosial contohnya, mungkin topik biologi bukan favorit dalam hidupnya, sehingga dibutuhkan jembatan komunikasi untuk membangun pemahaman biologi oleh masyarakat dari para biologist yaitu komik bertemakan biologi, Biologeek.

Biologeek lahir dari sebuah project bernamakan World of Life yang dibidani kak Iqbal Hariadi dan kak Muhammad Akmal Ariyananda. Keduanya sudah saling mengenal sedari awal kuliah di Biologi UI tahun 2010. Meski sudah selesai menempuh pendidikan di Biologi UI, ilmu biologi tidak lepas dari jiwa mereka.

Bulan Februari 2015, mereka bekerja sama untuk memulai Biologeek dengan kak Akmal sebagai ilustrator dan kak Iqbal sebagai writer. Uniknya muncul karya ini merupakan kolaborasi online, mereka belum pernah bertemu untuk mendiskusikan ide ini. Semua interaksi dan proses dilakukan melalui whatsapp.

Unggahan pertama Biologeek tampil online di Instagram, pada 15 Februari 2015 berisikan konten berupa ilustrasi tunggal tentang hewan beserta pelesetan kalimat dalam Bahasa inggris. Inspirasi ide Biologeek muncul karena pun, sebuah lelucon yang memplesetkan suatu kata yang terdengar serupa tetapi memiliki arti berbeda dalam bahasa inggris. Seiring waktu, konten berkembang menjadi ilustrasi komik dan sebuah buku. Kini Biologeek memiliki 18,3 ribu pengikut di Instagram @biologeek dan pembaca 656 ribu di Webtoon.

Berkembangnya Biologeek tidak lepas dari motivasi kak Akmal dan kak Iqbal, untuk mempopulerkan biologi dengan cara menyenangkan. Di sisi lain, kak Iqbal juga sebagai kontribusi kreatif untuk Biologi UI. Biologi selalu dikaitkan dengan kepintaran dan sesuatu yang serius, dipatahkan oleh mereka dengan meluncurkan World of Life. Karena tujuan biologeek bagi kak Iqbal dan kak Akmal, utamanya adalah agar masyarakat lebih mengenal biologi dengan cara menyenangkan, maka digunakan bahasa yang disederhanakan. Kesederhanaan ini memudahkan dalam penyampaian informasi kepada pembaca, dengan konten yang diselingi oleh lawakan agar terasa lebih ringan dan tidak monoton.

Kak akmal & Kak Iqbal 

World of Life memberi pemahaman Biologi melalui ilustrasi yang lucu, sederhana, menyenangkan, dan semenarik mungkin untuk menarik minat para pembaca. Ilustrasi visual untuk platform instagram diandalkan untuk menarik pengunjung. Setiap ilustrasi memakan waktu sekitar 1-6 jam untuk penyelesaiannya. Namun untuk proses pencarian ide dan verifikasi kebenaran isi, membutuhkan waktu yang cukup lama. Kak Akmal dan kak Iqbal ingin selalu menampilkan informasi yang disampaikan sesuatu yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sepanjang perjalanan World of life tidak selalu mulus. Pernah sesekali suatu unggahan Biologeek memicu perdebatan oleh netizen. Unggahan tersebut juga diangkat di akun-akun komik besar. Alasannya karena isi konten seperti menjatuhkan nama Indonesia. Padahal kak Akmal dan kak Iqbal bertujuan mengenalkan bahwa bunga bangkai merupakan tanaman endemik Indonesia. Keduanya memahami respon para netizen yang tidak sepaham. Dan berusaha memberikan klarifikasi positif, bahwa tujuan mereka berniat menyampaikan informasi yang benar dan tidak ada niat menjatuhkan nama indonesia. Kak iqbal dan kak Akmal juga menganggap hal tersebut sebagai tanda Biologeek sudah banyak yang memperhatikan.

Prestasi yang luar biasa, series World of life kini sudah menerbitkan buku bersama Elex media pada Juli 2019. Biologeek juga pernah masuk dalam Kompas Kampus edisi 18 November 2016. Hingga kini Biologeek terus berkembang dan berkarya ilustrasi biologi agar biologi dapat dikenal oleh masyarakat. Semangat terus untuk kak Iqbal dan kak Akmal! Terimakasih untuk idenya agar Biologi UI terus maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published.