Kak Abi: I Belonging Science

Depok – Siang itu tanggal 5 Desember 2020, penulis berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan salah satu alumni sarjana Biologi Universitas Indonesia, Abinubli Tariswafi Mawarid. Kala itu, alumni angkatan 2010 ini baru saja sampai di rumah keponakannya di Bandung setelah melakukan perjalanan dari Purwakarta. Melalui video konferens penulis melakukan tanya-jawab dengan beliau yang akrab dipanggil A Abi ini.

Pria kelahiran Jakarta tahun 1992 ini kini menjalani profesi sebagai peneliti kultur jaringan tanaman di Divisi Research and Development PT. East West Seed Indonesia. Beliau dengan senang hati berbagi pengalaman sejak duduk di bangku perkuliahan hingga ke dunia kerja. Berawal dari pengalaman masa kecil saat minum Yakult, susu fermentasi buatan Jepang, ketertarikan pada dunia sains mulai muncul. Akhirnya, Kak Abi memutuskan untuk kuliah di jurusan Biologi Universitas Indonesia dan diterima jalur Ujian Masuk Bersama pada tahun 2010.

Selama menjalani perkuliahan di Universitas Indonesia Kak Abi tidak hanya menjalani perkuliahan dengan biasa, tetapi di luar itu juga aktif mengikuti kegiatan di Badan Semi Otonom (BSO). Kak Abi mengikuti BSO OMPT Canopy, KSHL Comata, dan Sigma-B UI, namun Kak Abi lebih aktif di OMPT Canopy. Pengalaman beliau selama di OMPT Canopy adalah saat melakukan kegiatan pemetaan tumbuhan. Selain itu, Kak Abi juga menjadi Ketua OMPT Canopy.

Prestasi Kak Abi di bidang akademik yaitu pernah menjuarai OSN Pertamina tahun 2012. Beliau menyabet juara 3 di bidang Biologi tingkat nasional. Hal ini yang mengantarkan beliau untuk apply job di Pertamina pasca kelulusan. Kak Abi melakukan internship selama satu tahun di bagian riset biofuel Research and Development.

Setelah resign dari Pertamina, Kak Abi memutuskan untuk apply job lagi di perisahaan farmasi Kalbe dan diterima. Akan tetapi, beliau tiba-tiba mendapat undangan dinner dengan bos suatu perusahaan di Jepang dan mendapat tawaran beasiswa kuliah di Jepang. Kak Abi menerima tawaran tersebut kemudian mulai menjalani perkuliahan magister jurusan bioscience and biotechnology dengan beasiswa di Tohoku University, Jepang dari tahun 2017 hingga tahun 2019.

Setelah lulus magister, Kak Abi mulai bekerja lagi di bidang Health Safety Environment perusahaan Nike. Karena kurang sesuai dengan passion, Kak Abi resign dan mendapat tawaran pekerjaan di PT. East West Seed Indonesia.“I belonging science” ungkap Kak Abi. Kak Abi kini mendapat posisi sebagai peneliti untuk mengembangkan benih baru melalui kultur jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.