Di Balik Program Kerja Departemen Pendidikan dan Keilmuan HMD Biologi FMIPA UI 2020

Departemen Pendidikan dan Keilmuan HMD Biologi FMIPA UI 2020 atau biasa disebut dengan PNK memiliki banyak program kerja dengan masing-masing project officer, contohnya program pelatihan soft skill (PROPIL) dan bioinfo. Program pelatihan soft skill terdiri atas pelatihan penulisan ilmiah, debat bahasa inggris, public speaking, serta soft skill lainnya untuk mahasiswa Biologi FMIPA UI dan umum. Program bioinfo merupakan program kerja sama antara PNK dengan Biro Kominfo untuk menyebarkan ilmu dan info yang menarik seputar biologi melalui akun media sosial HMD Biologi FMIPA UI.

Program kerja di atas memiliki waktu running tersendiri. Program pelatihan soft skill baru mulai waktu pelaksanaannya sedangkan jadwal running bioinfo sendiri selalu setiap bulan. Perkembangan dari program kerja bioinfo sudah hampir selesai, tinggal diunggah di media sosial HMD Biologi FMIPA UI. Propil dapat dilihat perkembangannya bahwa masih ada tahap surat menyurat dan proposal yang berjalan tetapi untuk tema serta pembicara sudah selesai.

(Contoh Bioinfo yang dibuat oleh PNK dan Kominfo)

Jika diketahui bahwa setiap program kerja memiliki kesulitan yang dihadapi supaya program kerja ini dapat berjalan dengan sukses. Kesulitan yang dihadapi oleh PNK dalam penyelenggaran propil antara lain fiksasi pembicara cukup membutuhkan waktu yang lama dan menunggu CV supaya dapat melakukan surat menyurat. Kesulitan untuk program kerja bioinfo belum ada yang dihadapi oleh PNK.

(Contoh kegiatan PROPIL)

Di balik semua program kerja tersebut terdapat keikutsertaan anggota PNK yang harus diapresiasi karena tidak hanya ditanggung oleh project officer namun anggota PNK lainnya dapat merasakan suatu progress dari program kerja tersebut. Program kerja bioinfo dilakukan secara personal tetapi untuk adil setiap bulan pasti akan digilir ke setiap orang supaya dapat merakasan pembuatan bioinfo.

Oleh karena itu, suatu program kerja yang sukses di mata orang lain terdapat banyak sekali kesulitan yang dihadapi. Kesulitan ini dapat dihilangkan karena terdapat banyaknya rasa kerja keras yang ditanggung oleh masing-masing individu utnuk menyukseskan program kerja tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.