Departemen Biologi: Juara Bertahan PST Selama Lima Tahun Berturut-berturut

Tahun ini, Departemen Biologi UI telah menjadi juara umum lomba seni terbesar se-FMIPA UI yang berada di bawah naungan Departemen Seni dan Budaya BEM FMIPA UI, yaitu Pekan Seni Tiga (PST). Kontingen Biologi telah berhasil mempertahankan sebagai juara umum pada lomba yang diadakan setahun sekali tersebut selama lima tahun berturut-turut (2017-2021). Bagi Shadira, Deputi Seni Departemen Spora HMD Biologi 2021, kontingen-kontingen Biologi tahun ini membawa ekspektasi besar untuk mempertahankan gelar kejayaan di PST 2021.

Departemen Spora setiap tahunnya bertanggung jawab untuk memfasilitasi kontingen Biologi yang akan berlaga di PST. Tahun ini Spora memiliki program yang berbeda dari tahun lalu untuk mempersiapkan PST. Siasat baru tersebut berupa program Lamina (Latihan Minat Bakat). Dalam program pelatihan minat seni yang diadakan pelatihan rutin sebulan sekali ini, siapapun bisa bergabung meskipun tidak punya bakat. 

Penyerahan sertifikat lomba cipta lagu juara 3
Penyerahan sertifikat lomba cipta lagu juara 3

Selain Lamina, Spora juga memiliki program Aplakopora (Ajang Pelatihan Kontingen Spora) yang diadakan sebulan sebelum acara PST berlangsung. Program ini diikuti oleh dua calon kontingen dari masing-masing cabang perlombaan PST yang salah satunya akan menjadi kontingen utama perwakilan Biologi pada PST. Dalam Aplakopora, akan diadakan pelatihan oleh pelatih yang bisa merupakan kakak tingkat atau alumni. “Jadi (Biologi di) PST bisa menang itu ada ikut campur tangan alumninya juga,” pernyataan dari Shadira.

PST tahun ini diadakan secara daring karena adanya pandemi COVID-19. Proses pelatihan kontingen sebagian besar juga diadakan secara daring. “Tantangannya (diadakan secara daring) itu di komunikasi, ada beberapa kontingen yang punya kesibukan lain jadi bagi waktunya susah,” “tetapi kemarin lancar-lancar saja,” menurut Shadira. Menurutnya juga, meski diadakan secara daring, ada keuntungan dari penyelenggaraan PST secara daring, yaitu fleksibilitas waktunya dan batas pengerjaan karya yang lebih lama waktunya jika dibandingkan dengan PST luring.

Penyerahan sertifikat lomba poster juara 1
Penyerahan sertifikat lomba poster juara 1
Penyerahan sertifikat lomba cerpen juara 1
Penyerahan sertifikat lomba cerpen juara 1

Waktu ditanya apa sih rahasianya Departemen Biologi bisa menjadi juara umum PST lima tahun berturut-turut? Shadira mengatakan bahwa banyak mahasiswa Biologi yang memiliki potensi di bidang seni. Kalau ditelusuri, banyak anak-anak Biologi yang berbakat di bidang seni.

Di akhir wawancara kami dengannya, Shadira menitipkan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam PST tahun ini khususnya kepada para kontingen dan pelatih. Kepada para kontingen, Shadira menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mewakili biologi di ajang ini meskipun ada yang belum meraih podium, semua kontingen berkontribusi dalam kemenangan Departemen Biologi. Untuk para pelatih, Shadira menyampaikan juga ucapan terima kasih dan apresiasi karena telah berkontribusi besar dan turut tangan ikut membantu adik-adik tingkat mereka yang menjadi kontingen. Selain ucapan terima kasih, Shadira juga menitipkan pesan kepada calon-calon kontingen Biologi yang akan berlaga tahun depan untuk mencoba untuk mengikuti program-program pelatihan seni yang diadakan oleh Spora, seperti Lamina dan Aplakopora. “Ikut aja dulu, lamina dan lain-lain, kita (Spora) nggak pernah tau kalau kalian nggak nyoba ikut Lamina (dll.). Jangan minder, mending ikut dulu aja.”

Ditulis oleh UKEL 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.