Prodia untuk Bulan Juni

Prodia untuk Bulan Juni

Bersama Ukel Adakan Kunjungan Alumni atau biasa disingkat sebagai Bulan Juni merupakan proker perdana Departemen Ukel yang terlaksana pada tahun 2023 ini. Bulan Juni hadir sebagai acara eventual di bulan Juni yang berfokus pada kunjungan fungsionaris HMD Biologi ke tempat kerja Alumni Biologi FMIPA UI di wilayah Jabodetabek. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat proses serta lingkungan kerja dari alumni yang bersangkutan sehingga mampu memberikan gambaran mengenal berbagai prospek pekerjaan dan mempererat hubungan antara lluniBio UI dengan internal HMD Biologi khususnya UKEL.

Tepat pada hari Jum’at, 18 Agustus 2023, penulis berkesempatan untuk mewawancarai project officer Bulan Juni, yaitu Kak Kyara Putri Rahmawati (Biologi 2022). Kak Kyara menyebutkan bahwa Bulan Juni 2023 mengambil tema “Biology for Health Clinic Laboratory“. Acara ini berkolaborasi dengan PT. Prodia Widyahusada, jaringan laboratorium dengan layanan kesehatan terbesar di Indonesia. Kuliah di Jurusan Biologi tidak pernah jauh-jauh dari proses praktikum yang terlaksana di laboratorium sehingga kunjungan ini diharapkan mampu menambah wawasan terkait prospek karier mahasiswa Biologi khususnya di bidang laboratorium kesehatan klinik.

Awal terpilihnya PT. Prodia Widyahusada sebagai tuan rumah dari kunjungan acara Bulan Juni 2023 karena Steering Committee Bulan Juni mendapat masukan dari salah satu alumni, yaitu Kak Rita agar mau berkunjung ke Prodia. Ajakan itu mendapat sambutan baik mengingat kunjungan ke laboratorium klinik bisa menjadi awal bagi mahasiswa Biologi untuk lebih mengenal lingkup kerja alumni mereka. Kepanitiaan Bulan Juni kemudian bekerja sama dengan PT. Prodia Widyahusada dalam menyusun acara. Rangkaian persuratan dibuat untuk diserahkan ke dekanat dan akhirnya diberikan pada pihak PT. Prodia Widyahusada untuk memberikan gambaran terkait konsep acara Bulan Juni 2023. Selama proses ini baik PI Bulan Juni dan narahubung Prodia terus menjalin komunikasi untuk memastikan suksesnya perencanaan acara.

Narahubung dari PT. Prodia Widyahusada adalah Kak Tresha Utami selaku bagian dari tim Human Capital – ProU (Prodia Corporate University). Komunikasi lebih lanjut pun terjalin dan kedua belah pihak mulai membahas perihal detail mekanisme acara beserta segala kebutuhan yang harus dipersiapkan. Kunjungan Bulan Juni akhirnya terlaksana pada hari Kamis, 22 Juni 2023. Seluruh peserta sebanyak 30 orang berangkat ke PT. Prodia Widyahusada menggunakan Bikun UI pada pukul 07.00 pagi. Saat sampai para peserta mendapatkan sambutan dan seminar pengenalan tentang Prodia.

Acara puncak Bulan Juni merupakan Tour de Lab yang dilakukan setelahnya. Tour de Lab berlokasi pada 2 tempat yaitu Laboratorium PRN (Pusat Rujukan Nasional) Prodia dan Laboratorium ProSTEM selaku laboratorium riset, pengolahan, dan penyimpanan sel punca yang masih berada di bawah naungan PT. Prodia Widyahusada. Para peserta dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing beranggotan 7-8 orang dan didampingi oleh karyawan dari PRN dan ProU. Pembagian kelompok ini bertujuan untuk memudahkan mobilisasi peserta selama berkeliling dalam laboratorium. Para peserta juga diharapkan dapat lebih nyaman memanfaatkan waktunya untuk memperhatikan dan bertanya pada pendamping selama proses Tour de Lab yang kurang lebih memakan waktu sebanyak 95 menit.

Selepas Tour de Lab, Acara Bulan Juni 2023 kemudian memasuki sesi recap kegiatan Fun Quiz menggunakan Quizizz. Para peserta mengikutinya dengan rasa antusiasme yang besar. Acara kemudian ditutup dengan pembagian kenang-kenangan dari masing-masing pihak dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Acara Bulan Juni 2023 berjalan sukses menurut Kak Kyara karena sudah memenuhi seluruh parameter penilaian. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah calon peserta yang mendaftar untuk ikut ternyata melebihi kuota yang awalnya sudah disiapkan. Acara Bulan Juni 2023 ternyata mendapat sambutan baik dari internal HMD Biologi. Sayangnya tidak semuanya berhasil ikut karena kuota yang terbatas.

Kak Kyara menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang membuat acara Bulan Juni 2023 bisa berjalan sangat lancar. Pertama adalah karena lingkungan kerja dengan support system baik serta tim panitia yang mampu menjalankan bidangnya masing-masing. Kedua, komunikasi yang berjalan lancar dan rasa tidak segan dalam mendiskusikan masalah agar transparan terhadap semua pihak. Keterbukaan inilah yang membuat masalah dan kendala yang muncul saat mengerjakan proker Bulan Juni dapat diselesaikan dengan cepat. Bagi Kak Kyara, tantangan terbesar dalam mensukseskan acara adalah saat mengurus persuratan dan peminjaman Bikun mengingat prosedur perizinannya yang memang lumayan rumit.

Kak Kyara berharap acara Bulan Juni 2023 bisa membantu teman-teman Biologi untuk mendapatkan gambaran lebih mengenai prospek karier yang kelak ingin mereka tekuni. Ia berharap Tour de Lab yang terlaksana di Prodia dan ProSTEM bisa mematahkan persepsi orang luar yang mengatakan bahwa bekerja di laboratorium itu membosankan. Kak Kyara juga ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta yang sudah bersedia ikut dalam acara Bulan Juni 2023. Mereka menerima apresiasi dan pujian dari PT. Prodia Widyahusada sebagai mahasiswa yang beretika baik, sopan, dan peduli akan kebersihan selama berkeliling di laboratorium. Oleh karena itu, tim dari Prodia juga ikut menikmati acara dan merasa senang dengan kunjungan yang dilakukan oleh para peserta Bulan Juni.

Pesan Kak Kyara sebagai project officer Bulan Juni 2023 untuk Bulan Juni selanjutnya adalah “Semoga Bulan Juni berikutnya bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan tempat yang dipilih dapat membantu para mahasiswa dalam memilih kariernya. Kuncinya adalah komunikasi dan keterbukaan. Jangan ragu untuk diskusi apabila menemukan suatu masalah atau dalam meneruskan suatu informasi. Dengan begitu, semoga apa yang terjadi di Bulan Juni 2023 bisa menjadi bahan pertimbangan dan sumber pembelajaran untuk proker Bulan Juni kedepannya.”

 

Ditulis oleh Staf UKEL 2023

Leave a Reply