Pengenalan Departemen Biologi 2021

Wawancara dengan Kak Angel (Project Officer PDB 2021, Biologi 2019), Adis (Biologi 2021), dan Agnes (Biologi 2021).

Pengenalan departemen biologi, yang biasa disingkat PDB, merupakan kegiatan pembinaan berupa pengenalan departemen kepada mahasiswa baru yang dilaksanakan setiap tahunnya di Biologi UI. PDB 2021 ini merupakan kali kedua PDB dilaksanakan secara online setelah PDB 2020. Terdapat serangkaian acara yang wajib diikuti pada PDB 2021 oleh mahasiswa baru biologi untuk mendapatkan status aktif dalam Ikatan Keluarga Mahasiswa FMIPA (IKM FMIPA). Kegiatan itu, antara lain opening ceremony (METANOIA); talkshow motivasi (ALMETA); pengenalan HMD, BSO, dan AI BPM (PERIVALLON); seminar konservasi (ORENDA); biologi tour (QUERENCIA); talkshow inovasi (OFELI), dan closing ceremony (QUATERVOIS). Kegiatan berlangsung dari tanggal 31 Agustus–25 September 2021. Dokumentasi kegiatan PDB dapat dilihat pada laman media sosial instagram @pdb.2021.

Kali ini, penulis berkesempatan untuk mewawancarai Project Officer PDB 2021, yakni Kak Silvi Angelica Panggih atau akrab dipanggil Kak Angel (Biologi 2019). Kak Angel menjelaskan bahwa PDB 2021 ini mengambil tiga nilai yakni inovatif, kolaboratif, dan konservasi. Tiga nilai tersebut diambil karena latar belakang para peserta PDB 2021 yang merupakan gen Z. Gen Z, yang lahir pada tahun 1997—2010, memiliki karakter berpikiran terbuka, berpikir kritis, dan multitalent (Rakhmah, 2021). Karakter-karakter yang dimiliki oleh gen Z dikombinasikan dengan kultur di Departemen Biologi dan tren revolusi industri. Departemen biologi, dimana para mahasiswa baru (maba) akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dengan kultur kekeluargaan dan konservasi yang kuat dan para mahasiswa baru juga mempersiapkan diri untuk dapat menghadapi revolusi industri. Oleh karena itu, terdapat tiga nilai yang dibawakan PDB 2021, yang pertama adalah inovatif, yang bertujuan agar maba meningkatkan kreativitas untuk menghasilkan suatu hal baru yang bermanfaat, serta mempunyai keyakinan dalam menggapai dan menjalani hal tersebut. Nilai yang kedua adalah kolaboratif, yang bertujuan untuk mempererat sifat kekeluargaan dan menumbuhkan sikap tenggang rasa serta loyalitas dalam bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Nilai yang ketiga adalah konservasi, yang bertujuan untuk menanamkan kepedulian tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Selain Kak Angel, penulis juga berkesempatan untuk mewawancarai salah satu peserta PDB 2021, yakni Adistia Nurmalasari yang biasa dipanggil Adis (Biologi 2021). Ia lolos seleksi masuk kampus jalur SNMPTN. Alumni siswa SMAN 5 Depok ini dulu berekspektasi bahwa menjadi mahasiswa akan kuliah secara offline dan bisa berjumpa dengan teman-teman baru. Ternyata, perkuliahan, termasuk juga ospek, dilalui dengan daring. Akan tetapi, hal tersebut tidak serta-merta membuat ospek, termasuk PDB, kehilangan esensinya. Menurut Adis, PDB mendorongnya untuk membuat relasi baru. “Terus dari ospek juga dikenalin ‘kan UI itu seperti apa. Mulai dari UI, terus ke fakultas, sampai ke jurusan itu membantu kita banget yang gak bisa rasain secara langsung jadi dikenalin melalui ospek ini.” tambah Adis.

Mahasiswa baru lainnya, Agnes Antonetta O Riberu atau akrab diapnggil Agnes, yang diwawancarai penulis juga sependapat dengan Adis. “Kebetulan dari semua ospek, OKK, PSAF, sampai PDB aku jadi ketua kelompoknya, jadi kerasa banget,” kata mahasiswa yang berasal dari Bekasi ini. Ketika di PDB, dia dikenalkan dengan BSO yang baru ia ketahui ada di Biologi. Kesan lainnya dari Agnes ketika PDB yaitu kakak tingkat di Biologi yang baik dan merangkul adik tingkatnya, “kesan aku juga, kating-katingnya baik banget bener-bener jauh dari ekspektasi gitu loh kak. Aku kirain ‘wah kating nih biasanya galak’ ternyata bener-bener merangkul dan mau diajak kerjasama,” jelas Agnes.

 

Ditulis oleh UKEL 2021

Referensi:

Rakhmah, D. N. (2021, Februari). Gen Z Dominan, Apa Maknanya Bagi Pendidikan Kita?. Dipetik November 2021, dari Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Web Site: https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita        

Leave a Reply

Your email address will not be published.