Kak Wulan Pusparini – Keep on Trying: Perjalanan dalam Mencari Passion Diri

Pada tanggal 30 November 2021, penulis berkesempatan untuk melakukan sesi bincang santai dengan Kak Wulan Pusparini, alumni biologi UI Angkatan 2001 yang sekarang sedang melanjutkan studi S3 di Oxford University di Inggris serta menjadi scientist di Wildlife Conservation Society. Biologi merupakan pelajaran yang Kak Wulan paling kuasai di bangku SMA serta kecintaan beliau terhadap alam liar akhirnya mengantarkan Kak Wulan menjadi salah satu civitas akademik di Biologi UI. Kak Wulan menunjukkan ketertarikannya pada alam liar dengan mencari-cari passion-nya di bidang konservasi serta mengikuti MAPALA UI pada saat berkuliah dahulu. Pada saat awal-awal menjalani perkuliahan, Kak Wulan sangat tertarik dalam hal genetika konservasi. Ketika mendekati skripsi, Kak Wulan harus dihadapkan dengan realita bahwa jumlah dan ranah penelitian mengenai genetika konservasi masih sedikit sekali, sehingga Kak Wulan memutuskan mendalami konservasi lingkungan dan memutuskan untuk melakukan penelitian tugas akhir mengenai konservasi badak sumatera. Keputusan Kak Wulan inilah yang mengantarkan beliau kepada peluang-peluang yang lebih luas dalam sepak terjangnya di bidang konservasi lingkungan.

Setelah menyelesaikan studi S1, Kak Wulan memutuskan pergi ke Amerika untuk melanjutkan studi S2 dengan beasiswa. Kak Wulan memberi beberapa tips bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri, yaitu dengan menulis essai yang mampu menarik hati recruiter. Caranya, dengan memaparkan kemampuan akademis, soft skill, dan tujuan yang jelas sehingga essai dapat lebih menonjol daripada applicants lain. Selain bercerita mengenai beasiswa, Kak Wulan juga bercerita mengapa beliau memilih amerika sebagai tempat studi lanjut S2. Kak Wulan ingin memperdalam ilmu mengenai ekologi dan konservasi pada ahlinya yang saat itu sedang mengajar di University of Massachusets, yaitu Kevin Mcgarigal.

Selanjutnya, penulis juga diajak berbincang mengenai perjalanan karier Kak Wulan nih teman-teman. Kak Wulan sempat meniti karir di Yayasan Badak Indoneia selama 2 tahun sebelum akhirnya memutuskan bergabung ke Wildlife Conservation Society menjadi scientist yang bertugas di lapangan. Dalam kariernya di WCS, tak jarang Kak Wulan pergi ke luar negeri untuk mengunjungi habitat asli dari hewan-hewan yang dilindungi, berdiskusi dengan penduduk asli yang bersinggungan dengan kehidupan liar, dan mengumpulkan data-data lapangan secara langsung. Kak Wulan juga bercerita untuk sampai di posisinya saat ini diperlukan Trial and Error, yang terpenting adalah bagaimana kita terus mengejar passion di bidang yang kita cintai. Kak Wulan juga mengatakan kepada penulis bahwa konsep ikigai sangat membantu dalam proses pencarian passion. Bagi kawula muda yang penasaran, konsep ikigai mencangkup 4 prinsip, yaitu what you love, what you are good at, what you can get paid for, dan what the world needs. Keempat konsep ini bagi Kak Wulan sudah mencangkup hal-hal yang sangat penting, yaitu apakah passion kita sudah sesuai dengan yang diinginkan, apakah membantu untuk sesama, dan terakhir apakah realistis dan sesuai dengan kemampuan kita. Oleh karena itu, Kak Wulan juga menyarankan bagi teman-teman untuk mengeksplor diri seluas-luasnya, mengejar kesempatan yang ada di masa-masa emas kita.

Berbicara mengenai chance, kesempatan itu diciptakan oleh diri kita sendiri. Nah, pesan Kak Wulan pas banget nih buat kawula muda yang masih ragu-ragu dalam mengambil keputusan besar dalam hidup. Pertama, jangan pernah takut untuk mencoba dan ask something nicely, dengan begitu probabilitas mendapatkan suatu hal yang kita inginkan bisa meningkat serta jalan bisa terbuka lebar untuk mencapai hal yang kita inginkan. Kedua, will power yang tinggi akan membuat perjalanan panjang dalam mencari jati diri menjadi lebih bermakna. Oleh karena itu, tidak perlu takut bagi teman-teman untuk memulai langkah pertama serta jangan pernah takut untuk trial and error karena masa depan yang cerah bisa jadi menjadi milik teman-teman yang berani mengambil resiko dan menikmati setiap prosesnya. Terakhir, jangan lupa untuk bahagia dan menjaga kesehatan ya!

Ditulis oleh Staff Magang UKEL 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.