SERUM 2022 : Finding New Perspective through Microbiology and Ecology

Halo kawula muda! Puji serta syukur penulis ucapkan karena pada tanggal 25 Juni 2022 kemarin, SERUM 2022 telah berhasil dilaksanakan tanpa halangan suatu apapun. Bagi yang penasaran apa itu SERUM, langsung saja penulis jabarkan nih. SERUM atau Seminar Alumni merupakan salah satu program kerja unggulan HMD Biologi UI yang dilaksanakan di bawah departemen Unit Kegiatan Alumni atau UKEL. SERUM diadakan sebagai wadah bagi alumni Biologi UI untuk kembali terhubung dengan almamaternya. Selain itu, SERUM juga ditujukan sebagai tempat untuk berbagi ilmu serta pengalaman kepada mahasiswa Biologi UI. Pada awalnya, SERUM memang hanya dikhususkan pada mahasiswa Biologi UI saja, tetapi karena kondisi yang tidak memungkinkan akibat Covid-19, SERUM hadir melalui webinar dan dapat dihadiri baik dari mahasiswa Biologi UI bahkan juga untuk masyarakat umum yang tertarik dengan pembahasan yang dibawakan oleh SERUM.

Pada SERUM 2022, panitia mengangkat tema berupa “Future Careers in Biology: finding new perspective through microbiology and ecology” sebagai bahasan pada webinar SERUM kali ini. Pemilihan tema ini merupakan hasil survei peminatan sehingga pada hari-H acara jumlah pendaftar terpantau melebihi parameter yang telah panitia tentukan. Mikrobiologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang membahas makhluk hidup yang tidak dapat dilihat secara kasat mata atau harus menggunakan alat bantu berupa mikroskop. Pada cabang ini, kami mengundang Kak Sabar Pambudi sebagai pembicara pertama kita. Beliau bekerja sebagai salah satu peneliti vaksin di BRIN dan beliau membawakan materi yang terdiri atas pengalaman beliau dari masa kuliah hingga kemudian menemukan passionnya di bidang mikrobiologi. Kak Sabar juga merupakan suatu pejuang beasiswa yang hebat lho kawula muda. Beliau mengatakan bahwa beberapa kali mengikuti tes seleksi beasiswa hingga pada akhirnya diterima dan berangkat ke Jepang untuk melakukan studi lanjutan, sungguh luar biasa bukan?

Sedangkan pada bidang ekologi, kami mengundang Kak Heri sebagai narasumber kami. Kak Heri merupakan seorang konsultan ikan independent, beliau bekerja untuk menguji kualitas ikan yang beredar dalam pasar. Dalam SERUM 2022 kak Heri menyampaikan materi tentang bidang ekologi terdiri atas pengalaman beliau di bidang ekologi perikanan dengan prinsip pelestarian sumber daya alam. Kak Heri melakukan konservasi meskipun juga sekaligus melakukan usaha di dalamnya. Baik dari kedua sesi tersebut, penyampaian materi berjalan dengan lancar dan kemudian dipandu oleh moderator untuk memasuki sesi tanya jawab.

Antusiasme peserta sangatlah besar dalam sesi tanya-jawab dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk dalam slido. Kedua pembicara juga begitu interaktif dan bersedia untuk dihubungi lebih lanjut apabila dalam pemaparan materi serta sesi tanya-jawab ada yang memiliki ketertarikan lebih terhadap bidang yang telah dipaparkan. Dari paparan serta tanya-jawab yang dilakukan, penulis juga sempat melihat beberapa feedback dari peserta webinar yang puas dan bahkan berhasil memetik hikmah dari SERUM 2022. Selain menambah ilmu mengenai bidang mikrobiologi dan ekologi, kawula muda yang mengikuti event ini juga mendapatkan pelajaran berharga untuk mampu berpegang teguh pada visi-misi, pantang menyerah, serta selalu berusaha dan berdoa supaya segala urusan dapat dipermudah. Selain itu, sebagai alumni dari Biologi UI kelak, kita juga harus mampu mengimplementasikan ilmu-ilmu serta nilai-nilai baik yang telah didapatkan selama berkuliah sehingga dapat pula bermanfaat bagi masyarakat luas. Pihak penyelenggara sangat mengharapkan bahwa Seminar Alumni dapat terus bermanfaat bagi peminat-peminatnya dan dapat terus menghadirkan tema-tema unik serta terbaik sebagai tema acara SERUM tahun depan. Nah untuk teman-teman dari angkatan manapun jangan sampai tertinggal euforia pelaksanaan SERUM selanjutnya ya !

 

Ditulis oleh Staf UKEL 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *