Cintai Pilihanmu, Tentukan Masa Depanmu

Pada selasa malam, 12 April 2022 penulis berkesempatan berbincang dengan salah satu alumni Biologi FMIPA UI angkatan 2010 yaitu Kak Hanun Qurrota Ayun .Menurut Kak Hanun, yang menarik di jurusan Biologi itu banyak sekali, karena Biologi merupakan ilmu kehidupan. Mulai dari tumbuhan, molekuler, mikrobiologi itu merupakan salah satu dari kesekian ilmu Biologi yang kak hanun sukai.

Kak Hanun memiliki cita-cita apabila sudah lulus kuliah ingin menjadi riset asisten, kemudian mengambil studi S2 lalu menjadi dosen. Namun takdir berkata lain, jalan yang terbuka untuk kak Hanun adalah dunia industri yang mana merupakan hal yang baru untuk beliau. Menurut kak Hanun banyak sekali peluang karir yang kita dapatkan selaku mahasiswa jurusan biologi. Mikrobiologi itu luas sekali aplikasinya, hal terpenting yaitu kita harus terbuka dan mau belajar terhadap ilmu baru.

Eksplorlah sebanyak-banyaknya, karena masa-masa kuliah merupakan waktu yang sangat ideal dan panjang untuk mencari tahu apa yang kita sukai dan apa yang kita minati, tentu juga mencari tahu bagaimana prospek yang baik untuk masa depan nantinya. Saat usia awal-awal memasuki dunia perkuliahan, itu merupakan fase menuju dewasa. Keputusan untuk memilih jurusan biologi itu merupakan jalan kita ambil, terlepas keinginan orang tua maupun keinginan sendiri.

Every things happens for a reason, saat kita memiliki kesempatan untuk mempelajari ilmu Biologi, artinya itu merupakan jalan yang kita miliki. Jadi, seperti apapun kita menjalaninya, waktu akan terus berjalan. Jika ditengah-tengah perjalanan kita merasa berat hati atau apapun itu, namun harus tetap dijalani, karena tidak ada yang tahu bagaimana nanti kedepannya, mungkin memang awalnya harus terasa berat terlebih dahulu kemudian kita akan menemukan jalan yang tidak terduga.

Menurut kak Hanun, terdapat beberapa skill atau kemampuan yang harus dikembangkan dan dikuasai oleh teman-teman mahasiswa Biologi, terutama skill yang berkaitan dengan ilmu biologi. Lalu soft skill nya juga perlu diasah terutama dalam hal berkomunikasi, attitude-nya juga harus dijaga, kemudian cara mempresentasikan ilmu yang kalian miliki agar sampai kepada audiens. Mengikuti organisasi seperti HMD Biologi merupakan salah satu cara untuk melatih public speaking.

Kak Hanun berpesan untuk mahasiswa Biologi agar memaksimalkan waktu kalian saat berkuliah, karena waktu tidak akan terulang dua kali. Jadi, diawal harus memiliki set goals yang tinggi, agar semuanya berjalan dengan semaksimal mungkin. Kemudian perbanyak relasi seluas mungkin karena itu merupakan salah satu cara mengasah kemampuan kalian dan juga menambah koneksi yang akan memudahkan kalian nantinya

 

Ditulis oleh Staf UKEL 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *