Collaboration Lab: “Wahana” Baru di Biologi UI

Ada yang baru di Departemen Biologi kita tercinta.

Menutup bulan ketiga 2021, sebuah momen manis mengokohkan predikat Biologi UI sebagai Life Science Campus. Kolaborasi FMIPA UI dengan PT Merck Chemical And Life Sciences (MCLS), menghadirkan laboratorium bertajuk Collaboration Lab. Laboratorium yang menempati lantai 2 Departemen Biologi ini, dilengkapi peralatan pendukung mumpuni untuk mendorong riset dan inovasi di bidang life sciences. 

Pemantauan lingkungan, analisis kimiawi, mikrobiologi dan biologi molekuler, serta inovasi di bidang pangan dan pengelolaan limbah adalah beberapa bidang yang dapat dieksplorasi di laboratorium ini.

Seperti dituturkan Kemristek Bambang B.S. Brojonegoro dalam peresmian Collaboration Lab secara virtual 31 Maret lalu, langkah ini merupakan bagian dari strategi besar mendorong ekonomi Indonesia yang berbasis sumber daya alam menuju inovasi. Harapannya, para peneliti khususnya dari Departemen Biologi UI bisa memanfaatkan sebaik mungkin.

Selama ini, minimnya sarana termasuk peralatan dan bahan sering dikeluhkan oleh para peneliti kimia dan biologi. Menjawab kebutuhan tersebut MCLS yang telah lama memiliki perhatian khusus dalam life science mewujudkannya lewat Collaboration Lab ini. Diungkapkan oleh CEO MCLS Christopher Thomas, Merck akan terus memberikan dukungan pengetahuan, keterampilan, dan tenaga ahli.

Buat yang penelitiannya berkutat di laboratorium, pastinya sih nggak asing lagi yah dengan nama Merck? Nah dengan lahirnya Collaboration Lab ini, akses ke peralatan dan bahan pastinya akan lebih mudah lagi.

Tertarik buat mengunjungi Collaboration Lab? Tahan dulu ya, semoga kita bisa sama-sama mengintip isinya langsung segera 😊

One Reply to “Collaboration Lab: “Wahana” Baru di Biologi UI”

Leave a Reply

Your email address will not be published.