Pengenalan Departemen Biologi 2020

Pengenalan Departemen Biologi (PDB) 2020 merupakan kegiatan yang bertujuan memperkenalkan Mahasiswa Biologi FMIPA UI 2020 kepada lingkungan dan peran barunya. Lingkungan perkuliahan tentunya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan lingkungan sebelumnya. Bimbingan kepada Mahasiswa Biologi FMIPA UI 2020 dalam melewati masa transisi dan adaptasi terhadap lingkungan perkuliahan sangat diperlukan. Kegiatan Pengenalan Departemen Biologi 2020 termasuk kedalam rangkaian Proses Penerimaan Anggota Aktif Ikatan Keluarga Mahasiswa (PPAA IKM) FMIPA UI. Melalui rangkaian acara Pengenalan Departemen Biologi (PDB) 2020, diharapkan dapat menjadi wadah untuk memberi motivasi serta gambaran yang ingin diwujudkan kedepannya.

Tema kegiatan Pengenalan Departemen Biologi (PDB) 2020 adalah Forest Warrior. Tema tersebut menggambarkan ksatria pemberani yang berjuang dalam menggapai tujuan. Departemen Biologi merupakan target baru yang harus ditempuh oleh Mahasiswa Biologi FMIPA UI 2020. Target tersebut diperuntukan sebagai tempat untuk mengembagkan diri baik soft skill dan hard skill. Untuk mencapai target tersebut, Mahasiswa Biologi FMIPA UI 2020 harus melalui rangkaian acara Pengenalan Departemen Biologi (PDB) 2020. Acara tersebut merupakan garda terdepan Mahasiswa Biologi FMIPA UI 2020 untuk dapat beradaptasi dengan baik sehingga mampu memberikan kemajuan dan manfaat bagi diri sendiri, Departemen Biologi, FMIPA UI, dan bangsa. Untuk mencapai hal tersebut, kami membawa tiga nilai pada Pengenalan Departemen Biologi (PDB) 2020 yaitu, berani, solidaritas dan konservasi. Nilai-nilai tersebut diharapkan dapat menuntun Mahasiswa Biologi FMIPA UI 2020 sehingga memiliki rasa percaya diri dalam menghadapi segala rintangan, memiliki tanggung jawab, mengembangkan diri, menumbuhkan budaya simpati dan empati antar sesama, serta menanamkan nilai-nilai konservasi pada Mahasiswa Biologi FMIPA UI 2020.

Berbeda dengan PDB dari tiap tahunnya yang dilaksanakan secara offline, PDB 2020 ini akan dilaksanakan secara online karena dampak dari adanya pandemic Covid-19 ini. Vialda Anindita Puteri selaku Project officer dari PDB 2020 ini memiliki adaptasi yg akan dilakukan sebagai bentuk penyesuaian, ada beberapa acara yang memang tidak bisa dilakukan secara online dihapus. Tujuan dari pdb itu sendiri memperkenalkan departemen biologi baik lingkungan maupun sosial, jadi untuk pengenalan lingkungan yang tidak bisa dilaksanakan di gedung departemen biologi akan digantikan akan digantikan dengan acara Biology Tour yang bertujuan untuk memperkenalkan gedung biologi sehingga nantinya diharapkan mahasiswa biologi 2020 setelah pandemi ini telah usai bisa langsung melakukan aktifitas kegiatan kampus dan hal lainnya dengan lebihmudah.

Biologi Tour merupakan kegiatan memperkenalkan Departemen Biologi kepada mahasiswa Biologi FMIPA UI 2020. Tayangan akan dibuat oleh tim panitia di Departemen Biologi dengan konsep video adalah interaksi antara narasumber dengan pemandu acara seraya berkeliling menjelaskan ruangan pada gedung E Departemen Biologi FMIPA UI.

Seminar motivasi akan menghadirkan dua pembicara. Pembicara pertama merupakan seorang motivator, dan untuk pembicara kedua merupakan seorang psikolog. Kedua bidang tersebut diambil karena berhubungan dengan konten kesehatan tentang mental health untuk seminar yang mendatangkan psikolog dan karena nantinya makasiswa juga akan belajar secara PJJ kita undang motivator untuk membangun semangat mahasiswa baru 2020. Outputnya diharapkan untuk meningkatkan self development masing-masing mahasiswa.

Diharapkan dari adanya rangkaian acara ini mahasiswa baru mendapatkan esensi dengan mengikuti seluruh rangkaian acara PDB 2020 dan mengerjakan tugas yang diberikan, serta menanamkan ketiga nilai yang dibawa PDB itu sendiri, yang sesuai dengan tujuan PDB memberi bekal serta memperkenalkan mahasiswa pdb 2020 mengenal lingkungan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.