Intip Keseharian Ketua Angkatan Biologi FMIPA UI 2018 & 2019 Selama PJJ

Pandemi Covid-19 tentunya memaksa para mahasiswa untuk berhenti sejenak melakukan berbagai kegiatan di kampus tidak terkecuali para ketua angkatan Departemen Biologi FMIPA UI. Namun, pandemi Covid-19 bukan alasan bagi mahasiswa untuk tidak produktif selama melakukan seluruh kegiatan di rumah. Menurut Muhammad Farid mahasiswa semester V Prodi Biologi FMIPA UI selaku ketua angkatan 2018 menyatakan bahwa pandemi Covid-19 justru membawa hal yang positif untuk dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa khususnya untuk lebih dekat dengan keluarga. Pemikiran itu merupakan kunci bahwa disetiap permasalahan yang muncul pasti akan selalu ada sisi positif yang dapat dipetik.

Lain halnya menurut Anandabhuwana mahasiswa semester III Prodi Biologi FMIPA UI selaku ketua angkatan 2019 berpendapat bahwa pandemi Covid-19 membuat dirinya tidak dapat lagi bertemu dengan teman-teman dan para dosen pengajar dan hal itulah yang ia rindukan selama menjalani seluruh aktivitas dirumah. Namaun, baik Farid maupun Anand mereka memiliki cara tersendiri untuk tetap berkegiatan agar tetap produktif meskipun dirumah saja.

Selama menjalani PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) tentunya sebagian besar mahasiswa akan merasa bingung karena sistem pembelajaran ini baru pertama kali dilaksankan secara nasional sehingga menimbulkan berbagai polemik bagi para mahasiswa. Kebingungan itu juga yang dirasakan oleh Farid sebagai mahasiswa semester V disebabkan karena sistem PJJ memaksa dirinya beradaptasi dengan sistem yang minim interaksi langsung secara tatap muka dikelas dan hanya mengandalkan PPT atau video-video.

Akan tetapi menurut Farid semua kegiatan tersebut dapat di jalankannya dengan baik meskipun pada awalnya sempat bingung mengenai mekanisme PJJ. Lain halnya dengan Anand menurut pendapatnya saat pertama kali menjalani PJJ ia merasakan kesenangan tetapi seiring berjalannya waktu timbul kebosanan di dalam dirinya dikarenakan ia merindukan lingkungan kampus dan berharap dapat beraktivitas normal seperti biasanya.

Farid, Ketua Angkatan 2018

Anand, Ketua Angkatan 2019

Membahas mengenai PJJ pasti tidak luput membahas tentang kegiatan produktif yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang saat PJJ berlangsung. Kegiatan positif yang dapat dilakukan selama PJJ adalah mengembangkan bakat dan salah satu contohnya ialah bermain musik seperti yang dilakukan oleh Anand. Tidak hanya bermain musik, Anand juga melakukan kegiatan lain seperti olahraga.

 Sedangkan Farid menekuni budidaya Ikan Cupang dan memperdalam mempelajari bahasa spanyol melalui konten youtuber dari Spanyol atau melalui berbagai series dan film spanyol. Dalam membudidayakan Ikan Cupang, Farid menggunakan youtube dan google sebagai referensi untuk dirinya mendapatkan ilmu. Farid juga meminta ilmu dari salah satu kakak tingkat bernama Kak Mufti mahasiswa Biologi FMIPA UI angkatan 2017 untuk menambah ilmu dalam membudidayakan Ikan Cupang. Kegiatan yang dilakukan oleh Farid dan Anand tersebut memberikan gambaran bahwa selama di rumah saja bukan menjadi alasan untuk kita tidak dapat melakukan kegiatan yang produktif.

Selama menjalani PJJ, Farid dan Anand juga tetap mengikuti berbagai kegiatan organisasi maupun kepanitiaan. Meskipun kegitan tersebut masih berjalan, tetap saja bagi Farid terdapat beberapa kendala terutama dalam hal konsep acara. Menurut Farid dalam menjalankan organisasi dan kepanitiaan selama masa PJJ seluruh panitia dituntut untuk seadaptif dan sekreatif mungkin untuk menyesuaikan kondisi yang ada. Kendala juga muncul pada hilangnya beberapa jobdesk dalam suatu divisijika acara tetap dilaksanakan secara online. Selain itu, rapat yang diadakan secara online juga dapat menjadi kendala dikarenakan tidak semua panitia memiliki waktu kesibukan yang berbeda dengan fasilitas internet yang juga berbeda.

Terakhir, Farid dan Anand memberikan sebuah pesan kepada para mahasiswa baru. Saran yang Farid dapat sampaikan kepada para mahasiswa baru ialah untuk selalu mengeksplor diri lebih dalam lagi agar dapat menentukan bakatdan minat yang dimiliki. Sedangkan menurut Anand hal yang perlu dilakukan oleh para mahasiswa baru salah satunya adalah memperbanyak teman karena bagi Anand teman benar-benar sangat membantu selama PJJ berlangsung seperti untuk mengingatkan ketika ada kelas online ataupun ketika ingin mengumpulkan tugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.