Sekilas Mengenai Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Biologi FMIPA UI Sebagai Sebuah Organisasi

Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Biologi FMIPA UI merupakan sebuah lembaga eksekutif yang terdiri dari anggota khusus yang berasal dari mahasiswa Biologi. Pengurus HMD Biologi FMIPA UI terbagi menjadi dua bagian, yaitu pengurus inti yang terdiri dari seorang ketua, sekretaris umum, dan dua orang bendahara umum, dan biro serta departemen yang membawahi berbagai bidang. HMD Biologi FMIPA UI 2020 kini di ketuai oleh Ario Dewandaru Suryo Arianto atau lebih akrab disapa dengan Rio.

Pada tahun 2020, HMD Biologi FMIPA UI membawakan nilai dedikatif, sinergis, dan inklusif selama masa kepengurusannya. HMD Biologi FMIPA UI 2020 juga memiliki sebuah logo bergambar harimau. HMD Biologi FMIPA UI 2020 memilih harimau sebagai logo karena harimau memiliki filosofi sebagai hewan yang melambangkan keberanian, tekad yang kuat, dan rasa percaya diri.

Selain filosofi logo, HMD Biologi FMIPA UI 2020 juga membawakan sebuah visi yang berisikan bahwa HMD Biologi sebagai wadah untuk berdedikasi dalam gerakan yang sinergis dan inklusif. Misi HMD Biologi 2020:

  • Membangun hubungan kekeluargaan yang harmonis antar pengurus HMD Biologi FMIPA UI
  • Mengoptimalkan hubungan kerja sama antara HMD Biologi FMIPA UI dengan pihak eskternal untuk mewujudkan kemanfaatan bagi mahasiswa Departemen Biologi FMIPA UI
  • Turut berperan dalam pengembangan minat bakat warga Departemen Biologi FMIPA UI
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab dan sikap aktif pengurus HMD Biologi FMIPA UI 2020

Pada tahun 2020 ini HMD Biologi FMIPA UI terdiri dari 4 biro dan 7 departemen, yaitu:

  • Biro penelitian, pengembangan, dan Kesekretariatan (Lestari)

Biro lestari ini memiliki tugas yang berhubungan dengan kesekretariatan seperti kegiatan surat-menyurat dan perizinan. Selain itu, Biro Lestari tidak juga bertugas dalam mengevaluasi dan mengolah data kinerja HMD Biologi, mengolah data hasil uji Kelayakan dan Kepatuhan, dan menyusun arsip data HMD Biologi FMIPA UI. Biro Lestari merupakan Biro yang sangat penting untuk keberlangsungan acara-acara yang akan diadakan di lingkungan Departemen Biologi FMIPA UI.

  • Biro Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)

Biro PSDM ini adalah biro yang paling dekat dengan kegiatan yang dilakukan oleh para anggota HMD Biologi FMIPA UI dalam menjalankan tugas selama masa kepengurusan. Hal itu dikarenakan Biro PSDM memiliki tanggung jawab dalam memberikan pengawasan, evaluasi, dan mengapresiasi setiap tugas yang dilakukan oleh para anggota HMD Biologi FMIPA UI.

  • Biro Biopreneur

Biro Biopreneur merupakan biro yang sangat cocok ditujukan kepada para mahasiswa Biologi yang ingin mengembangkan jiwa kewirausahaan. Hal tersebut dikarenakan Biro Biopreneur memiliki tugas untuk membangun kewirausahan dalam HMD Biologi FMIPA UI untuk memberikan pemasukan dana. Selain itu, Biro Biopreneur juga dapat bekerja sama dengan berbagai kalangan dalam bidang entrepreneur berbasis biologi.

  • Biro Komunikai dan Informasi (Kominfo)

Biro Kominfo merupakan biro yang memiliki tanggung jawab dalam mengelola berbagai media. Pengelolaan media ynag dilakukan oleh Biro Kominfo bertujuan untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan baik itu kepanitiaan ataupun non-kepanitiaan yang berlangsung di Departemen Biologi FMIPA UI. Biro Kominfo ini sangat cocok dijadikan sebagai wadah bagi para mahasiswa Departemen Biologi untuk mengembangkan minatnya di bidang desain dan publikasi melalui platform sosial media.

  • Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma)

Kesma adalah departemen  yang memiliki tanggung jawab yang dekat dengan para mahasiswa Departemen Biologi. Setiap masa-masa penerimaan mahasiswa baru, Departemen Kesma lah yang paling sibuk karena bertugas memberikan arahan kepada mahasiswa baru agar mampu dengan baik menjalani serangakian kegiatan orientasi mahasiswa baru. Kesma juga memiliki tanggung jawab dalam pengurusan beasiswa bagi para mahasiswa Departemen Biologi yang membutuhkan.

  • Departemen Pendidikan dan Keilmuan (PNK)

Depertemn PNK adalah departemen yang memiliki tanggung jawab dalam bidang akademik seperti memberikan info seputar lomba atapun mengapresiasi prestasi akademik mahasiswa Departemen Biologi FMIPA UI.

  • Departemen Sosial Masyarakat dan Lingkungan (Sosmaling)

Departemen Sosomaling memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, serta lingkungan mahasiswa Departemen Biologi FMIPA UI. Departemen Sosmaling sangat cocok dijadikan tempat bagi para mahasiswa Departemen Biologi untuk menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi.

  • Departemen Mahasiswa Muslim Bersyiar Biologi (Mimbar Bio)

Departemen Mimbar Bio merupakan salah satu departemen yang ada di HMD Biologi FMIPA UI yang memiliki tanggung jawab sebagi wadah bagi para mahasiswa Muslim untuk melaksanakan kegiatan kerohanian. Mimbar Bio biasanya bertugas sebagai penanggung jawab dalam berbagai acara keislaman di Departemen Biologi.

  • Departemen Sport and Art (Spora)

Departemen Spora merupakan departemen di HMD Biologi FMIPA UI yang memiliki tanggung jawab dalam mengoordinasi para mahasiswa Departemen Biologi yang memiliki bakat dalam bidang seni maupun olahraga. Departemen Spora akan memfasilitasi setiap mahasiwa Biologi yang memiliki bakat di bidang seni dan olahrga untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan baik itu di tingkat departemen maupun di tingkat fakultas.

  • Departemen Badan Koordinasi Badan Semi Otonom (Bakso)

Departemen Bakso merupakan Departemen yang memiliki tanggung jawab dalam melakukan pengembangan BSO di Departemen Biologi. Selain itu, Departemen Bakso juga dapat menjadi penghubung antar BSO yang ada di Departemen Biologi.

  • Departemen Unit Kegiatan Alumni (Ukel)

Departemen Ukel adalah departemen yang menjadi penghubung antar alumni. Selain itu, Depertemn Ukel juga bertanggung jawab dalam pencariaan data alumni untuk berbagai kegiatan salah satunya adalah untuk SORUS, yaitu sebuah acara lima tahun sekali ynag diadakan sebagai sarana bagi para alumni untuk bertemu kembali yang rencananya akan diadakan pada tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.