Intip Studi Banding KSHL COMATA di Masa Pandemi

Seputar KSHL COMATA

Kelompok Studi Hidupan Liar (KSHL) COMATA secara resmi didirikan pada tanggal 31 Desember 2001. Sebelumnya, telah terbentuk organisasi serupa, yakni KPB Blekok pada tahun 1990-an dan SIMBIOSE pada tahun 1980-an. KSHL COMATA merupakan salah satu Badan Semi Otonom Departemen (BSOD) yang berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Biologi FMIPA UI.

 Lambang KSHL COMATA Biologi UI terdiri dari gambar Presbytis comata (surili) dan Hemiprocne comata (tepekong rangkang) dengan latar belakang matahari terbit dan siluet canopy, disertai tulisan Kelompok Studi Hidupan Liar dan Wildlife Study Group Biology-UI. Gambar Presbytis comata dan Hemiprocne comata menunjukkan harapan bagi konservasi hidupan liar. Posisi Presbytis comata yang melompat menggambarkan kemauan yang keras dan dinamis dengan matahari terbit sebagai latar belakang.

KSHL COMATA bertujuan menjadi organisasi yang dapat mewadahi kecintaan mahasiswa Biologi FMIPA UI terhadap satwa liar, baik avertebrata maupun vertebrata. Untuk mencapai tujuan tersebut, KSHL COMATA Biologi UI memiliki 5 fokus utama peminatan, yakni Mamalia, Herpetofauna, Avifauna, Insekta, dan Chiroptera.

Studi Banding KSHL COMATA di Masa Pandemi

Keadaan pandemi seperti sekarang tidak menurunkan semangat KSHL COMATA untuk terus berproses dan aktif berkegiatan. Setelah sebelumnya melakukan welcoming staff, sosialisasi kerja, dan sidang AD/ART, KSHL COMATA baru saja melaksanakan kegiatan studi banding pada 15 Agustus 2020 kemarin. Kegiatan studi banding ini dilakukan  bersama teman-teman dari Kelompok Studi Primata (KSP) Macaca UNJ melalui platform Google Meet.

Kegiatan studi banding ini bertujuan sebagai  sarana tukar informasi tentang kepengurusan organisasi serta menambah jaringan dan pengetahuan terkait konservasi. Kegiatan ini terbatas untuk pengurus KSHL COMATA, dengan harapan para penanggung jawab program kerja mendapatkan ide-ide baru dari hasil tukar wawasan dengan KSP Macaca UNJ. Selain itu, kegiatan studi banding ini diharapkan dapat menjadi pemicu kolaborasi  antara KSHL COMATA Biologi UI dan KSP Macaca UNJ dalam mencapai visi misi masing-masing di masa yang akan datang.

Kegiatan studi banding antara KSHL COMATA UI dan KSP Macaca UNJ ini dilaksanakan mulai pukul 13.00 s.d. 17.15 WIB. Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari pembukaan, sambutan ketua pelaksana studi banding, ketua KSHL COMATA, dan ketua KSP Macaca UNJ. Dilanjutkan dengan pemaparan ketua masing-masing organisasi, diskusi, games, dan penutupan.

Paparan masing-masing organisasi disampaikan oleh ketua masing -masing organisasi, terdiri dari video singkat tentang profil organisasi serta presentasi dengan isi struktur kepengurusan, program kerja, tantangan dan strategi menghadapi masa pandemi serta prestasi. Paparan seperti demikian sangat bermanfaat bagi kedua organisasi untuk saling belajar dari satu sama lain. Program kerja serta strategi menghadapi pandemi yang berbeda dapat dimanfaatkan KSHL COMATA Biologi UI dan KSP Macaca UNJ sebagai wawasan baru dan saran untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi kerja masing-masing organisasi.

(Narasumber: Ketua KSHL COMATA periode 2020-2021, Nabilla Nuril K.)

Leave a Reply

Your email address will not be published.