Apendiks: Bentuk Kepedulian Departemen Biologi Untuk Sesama

Aksi Peduli Pendidikan Sejak Dini atau APENDIKS merupakan kegiatan yang dinaungi Departemen Sosial, Masyarakat, dan Lingkungan (SOSMALING) HMD Biologi FMIPA UI yang merupakan bentuk kepedulian kepada pendidikan anak-anak di Indonesia. Pada APENDIKS 2020  ini, tema yg diangkat adalah “Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan dalam Masa Pandemi” yang harapannya dapat meningkatkan wawasan anak-anak mengenai keadaan pandemi yang kini sedang berlangsung dan memberi edukasi mengenai penerapan protokol kesehatan.

APENDIKS tahun 2020 diadakan sebanyak 2 kali yaitu paruh kedua pada tanggal 7 Maret 2020 oleh Kak Fathia Malik dan paruh pertama yaitu pada tanggal 21 November 2020 oleh Raha. Hal tersebut dilakukan karena anggota dari Departemen SOSMALING sepakat untuk mengadakannya di paruh tahun pertama karena paruh tahun kedua nanti akan cukup sibuk dengan acara lainnya. Sasaran kegiatan APENDIKS yaitu kepada anak-anak usia dini seperti TK, SD, dan awal SMP. Hal tersebut dilakukan dengan harapan dari adanya apendiks dapat memberi pengetahuan baru mengenai isu-isu yang harus diangkat yang berkaitan dengan pendidikan.

Kegiatan APENDIKS biasanya dilakukan dengan datang ke panti asuhan, memberi edukasi sesuai tema yang diangkat, bermain bersama anak-anak dan memberi sumbangan untuk panti tersebut. Sumbangan ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh panti asuhan yang dikunjungi. Kegiatan APENDIKS membawa nilai sosial dan kepedulian untuk menumbuhkan pemikiran “seberapa peduli kita dengan orang-orang disekitar kita khususnya anak-anak dalam hal ini?” dan juga menumbuhkan rasa empati untuk orang lain walaupun jumlah yang kita keluarkan sedikit. Tidak hanya melihat dari seberapa jumlah yang dapat diberikan nmaun juga melihat niat dalam melakukannya.

Manfaat diadakannya kegiatan APENDIKS khusunya bagi orang-orang yang telah terlibat didalamnya yaitu timbulnya kepuasan batin tentu dan lebih mengetahui kondisi anak-anak di luar sana ataupun orang lain. Selain itu juga, meningkatkan rasa kepedulian, mengingatkan juga untuk senantiasa berbagi, baik ilmu ataupun materi, dan tentunya mengingatkan kita untuk selalu bersyukur. Mungkin bukan hanya materi namun juga dapat dalam bentuk rasa kemanusian yang dapat diberikan dari kita untuk orang lain.

Suka dan duka menjalankan kegiatan APENDIKS disaat pandemi mungkin dari suka nya, proker SOSMALING dari Departemen Biologi dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberi kebahagiaan sekaligus ilmu juga untuk anak-anak panti, dan juga menjaga manah dengan memberi sumbangan titipan dari orang-orang baik untuk panti asuhannya dan untuk dukanya karena pandemi, tidak dapat bermain games, karna harus social distancing, dan juga panitia sangat sedikit yang dapat hadir sehingga merasa kesulitan saat mengadakan acaranya.

Harapan untuk APENDIKS kedepannya semoga kegiatan apendiks ini tetap ada dan bahkan bisa lebih baik dari tahun ke tahunnya. Tentunya karena kegiatan ini banyak sekali manfaat yang bisa diambil baik untuk pribadi ataupun warga biologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.