PROKER MEMPERERAT HMD BIOLOGI DIMASA PANDEMI OLEH PSDM

Dimasa pandemi kegiatan seluruh departemen dan biro di HMD Biologi tidak semata-mata terhenti begitu saja. Salah satu departemen di HMD Biologi yang masih melaksankan seluruh kegiatannya adalah Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM). Salah satu proyek kerja yang dilakukan oleh Departemen PSDM adalah team building. Kak Grace selaku ketua Departemen PSDM mengatkan bahwa team building ini adalah salah satu agenda proyek kerja yang dilakukan oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Team Building ini akan diadakan pada hari minggi tanggal 20 September 2020 melalui daring. Meskipun dilakukan secara daring akan tetapi staf dari Departemen PSDM telah mempersiapkan dengan sebaik mungkin supaya team building yang akan dilaksankan nanti tidak akan membuat staf-staf HMD Biologi menjadi bosan.

Melaksanakan proyek kerja di tengah-tengah pandemi dan juga saat menjalani kesibukan kuliah memang tidaklah mudah. Banyak tantangan dan hambatannya seperti sulitnya untuk menyatukan ide atau aspirasi masing-masing dari staf yang ada di Departemen PSDM, berupaya untuk mencarikan cara yang pas agar staf-staf di HMD Biologi tetap antusias untuk mengikuti tema building yang diadakan, dan juga jensi acara ynag dilakukan secara online juga menjadi kesulitan tersendiri bagi-bagi teman-teman di PSDM untuk mmebuat acara. Namun karena hambatan pandemi Covid-19, teman-teman dari Departemen PSDM tidak dapat berbuat apa-apa lagi.

Solusi yang dapat dilakukan oleh temna-teman di Departemen PSDM antara lain mengadakan pertemuan mingguan untuk mmebahas proyek kerja yang akan diadakan atau mungkin hanya sekedar menanyakan kabar dari setiap staf di Departemen PSDM agar tercipta kekeluargaan yang sangat erat. Tujuan dari Kak Grace selaku ketua Departemen PSDM mengdakan pertemuan mingguan adalah untuk menumbuhkan semangat kepada teman-teman PSDM akan rencana proyek kerja yang akan mereka lakukab dan juga untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang kira-kira dirasakan oleh maisng-masing staf.

Cara terbaik untuk mempersiapkan suatu acara adalah dengan melakukan gladi bersih sebelum acara di mulai. Terutama saat acara tersebut dilakukan secara online. Itulah persiapan yang dilakukan oleh teman-teman dari Departemen PSDM dalam mempersiapkan team building untuk seluruh staf dari HMD Biologi. Gladi bersih ynag dilakukan oleh teman-teman dari Departemen PSDM itu adalah bentuk keseriusan mereka untuk membuat team building yang dapat mencairkan suasana antar staf-staf yang ada di HMD Biologi. Karena sudah hampir paru pertama staf-staf di HMD Biologi tidak dapat berkumpul bersama karena terhalang pandemi Covid-19.

Tujuan dari Departemen PSDM mengadakan kegiatan team building adalah untuk tetap menjaga hubungan antar anggota di HMD Biologi dikarenakan team building ini juga diharapkan dapat menjadi media untuk para anggota HMD dapat berinteraksi satu sama lain sebelum menjalani kegiatan dan proyek kerja di paru kedua selama masa jabatannya. Teman-teman dari PSDM juga melakukan hal tersebut agar staf-staf dari Departemen dan biro yang lain saling berkabr meskipun semua kegiatannya dilaksanakan secara online. Karena partisipasi dari semua  anggota HMD Biologi sangatlah penting untuk kemajuan dan kegiatan HMD Biologi untuk wkatu kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.