Pentingnya Olahraga di Masa Pandemi Covid-19

Kegiatan olahraga di masa pandemi covid-19 ini sangat disarankan untuk dilakukan agar kebugaran tubuh (fisik) tetap terjaga. Dengan berolahraga dapat menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan sebagainya yang kemungkinan besar dapat terjadi di masa pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut dapat terjadi ketika kurangnya aktivitas fisik para masyarakat yang cenderung menghabiskan waktu di rumah, sehingga beresiko mengalami beberapa penyakit tersebut. Selain itu, pola hidup sehat dapat dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Manfaat melakukan pola hidup sehat lainnya yaitu mampu membuat usia lebih panjang. Hal tersebut dapat diimbangi dengan beberapa aktivitas seperti istirahat yang cukup, berolahraga, dan mengkonsumsi makanan sehat serta bergizi. Selain itu, melakukan pola hidup sehat berdampak baik bagi kesehatan mental.

Untuk mendukung kegiatan olahraga dan pola hidup sehat, Departemen Olahraga BEM FMIPA UI memiliki program kerja yaitu Sehat Bareng Depor (SEBAD) yang dilakukan secara daring. Menurut Emily Arjuna Melani selaku Deputi Departemen Olahraga BEM FMIPA UI, program kerja tersebut dilakukan selama 2 minggu sekali dengan ketentuan selama 7 hari berturut-turut dan bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat FMIPA UI untuk olahraga bersama-sama di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, SEBAD juga menyarankan beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan di masa pandemi Covid-19 yang ditunjukkan untuk rangkaian kegiatan 7 Days of SEBAD seperti sit up, push up, back up, tricep dips, burpees, jumping jack, plank, squat, dan lunges.

Jadwal Kegiatan 7 Days of SEBAD

Selain 7 Days of SEBAD, diadakan pula Zumba Virtual Class yang dilaksanakan pada Sabtu, 17 Oktober 2020 melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini dilakukan tanpa dipungut biaya (gratis) yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa FMIPA UI. Menurut Emily Arjuna Melani, kegiatan ini berlangsung sangat seru dan sangat membugarkan tubuh, tetapi masih kurangnya antusias dari mahasiswa FMIPA UI tersendiri untuk mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh adanya rasa malas, malu dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita jangan bermalas-malasan dalam melakukan kegiatan olahraga dan pola hidup sehat untuk menghindari terserangnya berbagai penyakit di masa pandemi Covid-19 ini. Selalu ikuti protokol kesehatan yang ada untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 ini dengan 3M, memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.