Firli Rahman Hakim Fauzi – Berawal dari Hobi dan Mimpi

Firli Rahman Hakim Fauzi atau yang akrab disapa dengan Firli merupakan alumni Biologi Universitas Indonesia lulusan tahun 2019 yang sekarang bekerja sebagai Marine Biologist. Saat ini Kak Firli sedang meneruskan studi di program pasca sarjana jurusan Ilmu LingkunganSejak SMA, Kak Firli memiliki hobi snorkeling dan mengajar. Kala itu, ketika Kak Firli memikirkan jurusan apa yang harus beliau ambil, Kak Firli sempat berdiskusi dengan Paman beliau. Pamannya menyarankan untuk mengambil jurusan Biologi karena jurusan Biologi memiliki prospek kerja yang luas dan bisa saja hobi snorkeling Kak Firli dapat dikembangkan dalam jurusan biologi ini. Selain itu, Kak Firli memang memiliki passion di bidang Biologi, karena Kak Firli memiliki nilai yang memuaskan di mata pelajaran Biologi serta pernah mengikuti olimpiade Biologi.

Kak Firli merasa pekerjaan beliau sekarang sudah sesuai dengan harapan semasa kuliah dulu, karena hobi yang dimiliki Kak Firli ini memunculkan keinginan untuk meneliti dan melindungi laut. Keinginan tersebut akhirnya dapat diwujudkan dengan menjadi seorang  marine biologist. Kak Firli menjelaskan bahwa pekerjaan seorang marine biologist tidak hanya sekedar menerapkan ilmu atau sebagai praktisi, tetapi juga bertanggung jawab dalam  mengembangkan ilmu dan penilitian atau sebagai akademisi. Tidak hanya itu, menjadi seorang marine biologist berarti dituntut untuk menjadi seorang yang inovatif, kreatif dan pastinya harus memiliki ketertarikan dengan laut serta lingkungan di dalamnya.

Dalam suatu pekerjaan, pasti ada yang dinamakan hambatan. Marine biologist pun memiliki kendalanya sendiri, salah satunya adalah ketika seorang Marine Biologist mempunyai banyak ide untuk melakukan sebuah inovasi namun harus disesuaikan dengan para stakeholder, sehingga ide tersebut harus ditunda untuk mencari stakeholder terlebih dahulu.

Kecintaan Kak Firli terhadap laut tidak hanya sebatas menjadi seorang Marine Biologist, Kak Firli juga mendirikan sebuah organisasi atau lembaga bernama ‘Oceanara’. Ide mendirikan Oceanara ini telah terpikirkan oleh Kak Firli sejak akhir tahun 2019. Oceanara merupakan lembaga berbasis penelitian yang berfokus pada konservasi biota laut. Tujuan utama berdirinya Oceanara adalah merehabilitasi biota laut yang terancam. Selain itu organisasi ini didirikan agar orang-orang yang concern dengan keadaan laut dapat berkumpul dan bertindak, karena ketika kita bergerak bersama maka sesuatu akan terasa lebih ringan dijalani.

Perjalanan Kak Firli dalam membangun Ocenara memiliki tantangan tersendiri, seperti dalam penyusunan program kerja, semua anggota harus menyatukan berbagai pemikiran yang tentunya berbeda-beda dalam setiap individu untuk meraih visi misi bersama. Namun, tantangan ini pasti dapat dilewati oleh Kak Firli, karena beliau yakin ketika kita memiliki mimpi dan tekad yang kuat, maka semua mimpi pasti akan terwujud.

Dari kisah Kak Firli, banyak sekali pembelajaran yang dapat kita ambil. Kak Firli dapat mengembangkan hobi beliau hingga menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan beliau. Selain itu, Kak Firli juga mengajarkan kita untuk tetap berjuang dalam meraih mimpi, karena berbagai hambatan pasti akan mudah kita lewati ketika kita memiliki usaha yang lebih besar daripada orang lain.

Ditulis oleh Staff Magang UKEL 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.