Mengasah Rasa Cinta Tumbuhan di OMPT Canopy

Keberadaan mahasiswa yang mencintai tumbuhan di Biologi FMIPA UI membuat terbentuknya OMPT Canopy. Organisasi Mahasiswa Pecinta Tumbuhan Canopy atau disebut OMPT Canopy adalah BSO terkonsentrasi pada bidang pengenalan dan konservasi tumbuhan bagi seluruh warga Departemen Biologi FMIPA UI. Tujuan mendirikan OMPT Canopy adalah untuk mewadahi minat mahasiswa Departemen Biologi FMIPA UI pada bidang tumbuhan.

Sebagai ketua OMPT Canopy tahun 2020/2021, Safitri atau biasa dipanggil Safit mengangkat tema “Urban Plant / Tumbuhan Perkotaan” untuk OMPT Canopy. Alasan mengangkat tema ini dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan untuk mengeksplorasi ke luar kota seperti tahun-tahun sebelumnya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Topik penelitian Eksplorasi Canopy tahun ini adalah tanaman berpembuluh di pekarangan rumah anggota OMPT Canopy di JABODETABEK.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan OMPT Canopy di tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya seperti mengunggah konten minggu pintar di media sosial OMPT Canopy yang berisi informasi mengenai tumbuhan setiap seminggu sekali, kuis mingguan Canopy (Kumis Canopy) diadakan setiap dua minggu sekali di snapgram OMPT Canopy, pengumpulan database dan arsip OMPT Canopy baik dari E-Book, paper, serta dari data kepengurusan OMPT Canopy terdahulu.

Kegiatan-Kegiatan OMPT Canopy di media sosial. Foto: tangkapan layar di instagram

Kegiatan yang membedakan dari tahun sebelumnya di OMPT Canopy adalah pelatihan kelas (PLATLAS) dan pelatihan dan pendidikan canopy (PELICAN). Pelatihan kelas (PLATLAS) terdiri dari 6 yaitu 3 PLATLAS Eksplorasi Canopy dan 3 PLATLAS PELICAN yang diadakan secara virtual dari rumah masing-masing. Tujuan diadakannya PLATLAS Eksplorasi untuk mempersiapkan  anggota Canopy dalam eksplorasi dan PLATLAS ini dibuka untuk umum, sedangkan PLATLAS PELICAN untuk mempersiapkan calon anggota OMPT Canopy dalam PELICAN 2021.

Kegiatan-Kegiatan Canopy di Tahun 2019. Foto: Line/Safitri

Untuk kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan oleh OMPT Canopy yaitu  sidang RKAT oleh PI&BPH, Welcoming Staff, Pelantikan, Sosialisasi Kerja, Musyawarah Kerja, dan Team Building. Kegiatan pelatihan dan pendidikan Canopy (PELICAN) akan dilaksanakan pada tahun 2021 di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Saat kegiatan PELICAN, calon anggota Canopy mempelajari tentang tumbuhan gunung yaitu 8 famili (Araceae, Arecaceae, Melastomataceae, Zingiberaceae, Begoniaceae, Gesneriaceae, Orchidaceae dan Moraceae) dan 2 divisi (Bryophyta dan Pterydophyta).

Bila tak ada pandemi ini semua acara akan berjalan dengan lancar, tidak ada hambatan apapun untuk melakukan eksplorasi di luar kota. Dengan adanya pandemi ini, alhasil, kegiatan eksplorasi harus dilaksanakan di rumah masing-masing dan PELICAN diadakan di tahun 2021.

Bagi mahasiswa Biologi UI yang memiliki minat dalam tumbuhan dapat memilih BSO ini untuk mendalami minat dan ilmu tentang tumbuhan. Mari bergabung dengan OMPT Canopy untuk pengenalan dan konservasi tumbuhan.

Penyusun: Jessika Naomi Panjaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published.