Biology Festival (Biofest)

Biofest adalah sebuah acara besar dengan tema  konservasi yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh departemen Biologi FMIPA UI. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat umum mengenai pentingnya konservasi dan juga untuk mengenalkan departemen biologi. Tema yang diangkat UI Biofest  diambil dari timbulnya keresahan dalam suatu konservasi yang memang harus dipublikasikan supaya semua masyarakat lebih paham dan mengerti mengenai pentingnya konservasi  dari organisme yang dijadikan tema.

Biofest 9th akan diadakan pada 2021 mendatang dengan tema “Berbagi Ruang Bersama si Belang”.  Tema tersebut dilatarbelakangi sudah banyak sekali konflik di awal tahun 2020 yang terjadi antara masyarakat dan harimau, contohnya seperti harimau yang masuk ke area perkampungan tempat tinggal warga atau di ladang milik warga sekitar. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya yaitu maraknya pembangunan infrastruktur baru tanpa memperdulikan lahan tempat tinggal harimau yang makin lama makin ter kikis.

Nah, kejadian tersebut menimbulkan keresahan bagi para panitia Biofest bahwa harimau ini juga sama-sama makhluk hidup yang butuh ruang untuk hidup, tumbuh dan berkembang biak. “Berbagi Ruang bersama si Belang”, ruang yang dimaksudkan tidak hanya dalam segi lahan untuk tinggal saja akan tetapi juga berbagi dalam segi pakan bagi harimau itu sendiri untuk tetap bertahan hidup.

Indah Septiyana, Project Officer Biofest 2021

UI Biofest 9th itu ada 5 rangkaian acara yaitu, Preevent, GOCC (Grand Opening & Closing Ceremony), Olimpiade, Biologi Dalam Dunia Anak, Seminar. Preevent, Closing Ceremony dan Seminar itu diperuntukkan bagi khalayak umum, seperti seluruh pengikut sosial media UI Biofest 9th. Closing ceremony rencananya akan diadakan charity concert yang akan dilaksanakan di channel youtube UI Biofest.

GO (Grand Opening) akan dihadiri oleh para peserta Olimpiade dan seluruh panitia yang bertugas.Peserta Olimpiade nantinya akan diikuti mulai dari tingkat SMP dan SMA, Olimpiade SMA akan diadakan secara nasional seperti tahun-tahun sebelumnya. Biologi dalam dunia anak akan diikutin oleh siswa/i SD mulai dari kelas 3 s/d kelas 6.

Progress yang sedang dilakukan saat ini itu, kami sedang mengurus berkas-berkas (proposal acara, SIK, SPTJM, surat pengajuan dana, proposal medpar & proposal sponsor) dan rapat-rapat bidang pun tetap berlanjut untuk mematangkan konsep hari H. Acara terdekat kami rencananya kami akan bekerjasama dengan PKBSI (Persatuan Kebun Binatang Se – Indonesia) untuk melakukan penggalangan dana pakan hewan.

Mekanisme UI BIOFEST 9th rencananya akan diadakan secara online dengan memaksimalkan social media, menggunakan media daring seperti zoom/gmeet/youtube streaming/instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published.