MENGENAL BIOLOGI FMIPA UI MELALUI SERUNYA WELMAB ONLINE

Welmab yang merupakan singkatan dari Welcoming Maba ialah salah satu tahap pengenalan Biologi UI yang diselenggarakan oleh Departemen Kesma. Departemen Kesma (Kesejahteraan Mahasiswa) adalah wadah untuk menjamin kesejahteraan setiap mahasiswa, baik dari lingkup akademis maupun non-akademis. Berdasarkan kondisi dan latar belakang mahasiswa yang beragam, Kesma hadir untuk berupaya menyelaraskan hal-hal tersebut. Tugas Kesma pada umumnya ialah pengadvokasian saran-saran dari mahasiswa untuk disampaikan kepada pihak terkait serta menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan mahasiswa itu sendiri, seperti beasiswa, seputar BOP (Biaya Operasional Pendidikan), cicilan hingga fasilitas yang ada.

Welmab atau Welcoming Maba ialah kegiatan penyambutan mahasiswa baru yang bertujuan untuk memperkenalkan Departemen Biologi UI secara garis besar untuk yang pertama kalinya ke para mahasiswa baru (beasiswa, cicilan, BOP, memilih mata kuliah pada SIAKNG) serta mempersiapkan mereka agar tidak kesulitan dalam menghadapi proses pengadministrasian kampus. Selain itu, Welmab juga memberi informasi seputar PDB (Pengenalan Departemen Biologi) serta mengajak para mahasiswa baru untuk berbincang dengan mahasiswa Biologi terkait kegiatan perkuliahan di Biologi.

Oleh karena adanya pandemi, Welmab diselenggarakan secara online melalui platform Google Meet dalam 2 kali pertemuan:

  • Welmab 1 untuk kloter SNMPTN dan PPKB dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2020 dalam 2 sesi, sesi 1 untuk SNMPTN pukul 10.00-12.00 WIB dan sesi 2 untuk PPKB pukul 13.00-15.00
  • Welmab 2 untuk kloter SBMPTN dan SIMAK UI dilaksanakan tanggal 27 Agustus 2020 dalam 1 sesi, pukul 10.00-12.00 WIB
Welmab melalui media Google Meet

Manfaat yang didapat dalam mengikuti Welmab ialah dapat lebih mengenal Departemen Biologi, memahami kegiatan administrasi dan mengenal lebih dekat Kakak-kakak dan teman-teman sesama warga Biologi. Welmab adalah ajang yang tepat untuk mempersiapkan diri sebelum memulai perkuliahan online bagi para mahasiswa baru.

Acara Welmab yang bekerjasama dengan Biro Kominfo (Komunikasi dan Informasi) ini berhasil menarik sekitar 40 mahasiswa baru dalam Welmab 1 dan sekitar 80 mahasiswa baru dalam Welmab 2. Persiapan yang dilakukan oleh Kesma dalam membangun acara Welmab ini ialah mempersiapkan materi terkait info-info Kesma dan membantu sounding informasi ke grup mahasiswa baru, serta meminta materi terkait mata kuliah Biologi kepada Kepala Departemen Biologi.

Keseruan dan tantangan pada Welmab kali ini ialah lebih kepada cara untuk adapting dengan Welmab Online ini supaya atmosfernya tetap berjalan menarik dan efektif agar mahasiswa baru tidak bosan dan informasi tersampaikan dengan baik. “Kami juga membuat suasana tetap sama mengasyikkannya seperti Welmab Offline, dengan berinovasi melalui permainan Kahoot. Pemenang dari permainan itu akan mendapat hadiah. Ini juga melatih para panitia untuk lebih proaktif dalam berinteraksi dengan mahasiswa baru.” ungkap Evita Adeline selaku Kepala Departemen Kesma periode 2020/2021.

Meskipun diadakan secara online yang terkadang terhalang kendala teknis seperti koneksi tidak stabil, pelaksanaan Welmab Online juga memberi keuntungan dari segi efisiensi dan menghemat tenaga. “Aku berharap semoga di tahun berikutnya kegiatan Welmab dapat berjalan secara offline, agar panitia dan mahasiswa baru dapat bertatap muka secara langsung hingga menghasilkan atmosfer yang seru. Semoga dengan adanya 2 experience Welmab yang berbeda (offline dan online), untuk pelaksanaan kedepannya bisa lebih berinovasi agar kegiatan Welmab tetap seru dan berkesan, terlepas dari platform apapun.” tutup Evita Adeline, menyelesaikan pembicaraan pada hari itu (Selasa, 8/9).

Leave a Reply

Your email address will not be published.