Serunya Membahas Karier Biologi Kelautan di Pelatihan Kelas SIGMA-B UI

Yuk, Kenali SIGMA-B UI!

SIGMA-B UI (Special Interest Group in Marine Biology Universitas Indonesia) merupakan salah satu Badan Semi Otonom yang terdapat di Departemen Biologi FMIPA UI. SIGMA-B UI sudah berdiri sejak 1 Juli 1992. Logo SIGMA-B UI yang terdiri dari warna biru dan putih memiliki bentuk bulat dengan gambar lumba-lumba, bintang laut, terumbu karang, gelombang air laut di tengah serta dilengkapi dengan tulisan ‘SIGMA-B UI’ yang melingkar. SIGMA-B UI bertindak sebagai wadah bagi mahasiswa Departemen Biologi FMIPA UI dalam mengembangkan, memperluas serta menyalurkan aspirasi, minar dan bakat mahasiswa dalam bidang Marine Biology (Biologi Kelautan). Visi SIGMA-B UI ialah meningkatkan wawasan konservasi kelautan bagi anggota dan masyarakat umum.

Dalam badan kepengurusannya, SIGMA-B UI memiliki divisi dan biro yang membantu dalam pelaksanaan kegiatannya. Terdiri dari Divisi Eksplorasi, Divisi Humas, Divisi Pendidikan dan Pelatihan, Biro Kestari dan Biro Badan Usaha Milik Sigma. Divisi Eksplorasi bertugas untuk penelitian dan kerja lapangan guna mengetahui, mempelajari dan mempertimbangkan tindak konservasi yang akan dilaksanakan. Divisi Humas bertugas mengatur hubungan eksternal antara organisasi SIGMA dengan masyarakat luas, termasuk dalam menciptakan citra baik organisasi dan mengkomunikasikan informasi mengenai SIGMA kepada publik. Divisi Pendidikan dan Pelatihan bertugas mengurus rangkaian acara yang bersifat akademik guna mencerdaskan para anggota SIGMA maupun masyarkat luar. Biro Kestari bertugas dalam mengurus pekerjaan administrasi dan bertindak sebagai sumber informasi yang efektif dengan mengadakan pencatatan setiap kegiatan. Biro Badan Usaha Milik SIGMA bertugas untuk mencari dan mengurus dana usaha untuk pemasukan organisasi.

Apa itu Pelatihan Kelas?

Kegiatan yang dilakukan SIGMA-B UI secara rutin pertahunnya ialah Pelatihan Kelas. Di masa pandemi seperti ini, tidak menjadi halangan untuk SIGMA-B UI tetap beraktivitas. Program pelatihan kelas yang diselenggarakan oleh SIGMA-B UI bertujuan mendidik dan mencerdaskan anggota SIGMA serta masyarakat Biologi lainnya. Umumnya, Pelatihan Kelas yang diadakan oleh SIGMA membahas seputar dunia biologi kelautan dan SIGMA itu sendiri. Pelatihan Kelas yang dilaksanakan Rabu, 5 Agustus 2020 ini mengusung tema Berkarir dengan Bekal dari SIGMA serta dibawakan oleh 2 pemateri. Pemateri 1 yakni Septi Reza Fahlevi (Biologi 2009) yang berprofesi sebagai Environmental Superintendent (Pertamina RDMP Balikpapan Project) di PT Rekayasa Industri dan Pemateri 2 adalah Firli Rahman Halim Fauzi (Biologi 2014) yang berprofesi sebagai Koordinator Oceanara. Pelatihan Kelas ini terbuka untuk anggota SIGMA maupun mahasiswa Biologi lain diluar SIGMA dan dilaksanakan secara daring melalui Google Meet mulai pukul 14.00 WIB. Pelatihan kelas yang dibawakan pada kali ini bertujuan melatih hardskill yang dimiliki tiap peserta. Pembahasan yang terdapat di dalamnya berupa pengenalan terhadap lahan pekerjaan di dunia biologi kelautan dengan berbekal dari ilmu dasar yang didapat ketika  mengikuti SIGMA sampai kemampuan yang dibutuhkan untuk meraih dunia pekerjaan.

Tema yang berhasil menarik 38 peserta ini dirancang oleh tim dari Divisi Pendidikan dan Pelatihan serta telah melewati berbagai proses tahapan, mulai dari mencari topik bahasan yang sedang marak dibutuhkan dan menarik untuk didiskusikan, mengusulkan tema yang sudah ditentukan apakah layak untuk dibawakan, mengontak pemateri, kemudian membuat pengumuman di berbagai platform media sosial SIGMA untuk menarik massa. Meskipun dilaksanakan secara online dengan bermacam tantangan tersendiri, seperti memastikan koneksi tetap berjalan dengan baik antara pemateri dan peserta, memastikan jadwal tiap peserta agar tidak berbentrokan dengan pelatihan kelas, namun kegiatan Pelatihan Kelas tetap berjalan secara kondusif dengan manfaat yang dapat dirasakan oleh peserta. Save Our Ocean, See You Underwater!

Leave a Reply

Your email address will not be published.