Mengenal Lebih Dalam ILUNI Bio UI bersama Kak Shobi

Ikatan Alumni Departemen Biologi Universitas Indonesia (Iluni Bio UI) adalah tempat bagi alumni Biologi UI untuk mengetahui informasi terkini terkait Departemen Bio UI. Iluni Bio UI banyak menampilkan kegiatan, tokoh, dan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan Departemen Biologi. Iluni Bio UI berkolaborasi dengan Divisi Ukel dari HMD Biologi untuk menjalin hubungan antara mahasiswa dan alumni serta menjalankan beberapa program. Selain melalui website, konten-konten dari Iluni Bio UI dapat dilihat pada akun instagram @ilunibio.

Pada tanggal 5 Desember 2021, saya berkesempatan untuk berbincang dengan Ketua Iluni Bio, yaitu Kak Shobi Lawalata. Beliau adalah alumni dari Biologi Universitas Indonesia angkatan 1998. Setelah lulus dari Biologi UI pada tahun 2004, Kak Shobi melanjutkan pendidikan S3 di University of California di bidang biologi integratif. Beliau menamatkan pendidikannya pada tahun 2011 dan mendapatkan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D).  Saat ini, Kak Shobi menjabat sebagai manajer di United in Diversity. 

Tahun 2017 Kak Shobi maju sebagai calon tunggal untuk Ketua Iluni Biologi UI, menggantikan ketua sebelumnya. Iluni tidak memiliki kepengurusan yang terstruktur.  Iluni menjadi tempat bagi para alumni untuk membangun relasi dan berbagi kabar.  Sebenarnya posisi ketua di Iluni dilakukan secara sukarela dengan keputusan bersama. Kak Shobi memberanikan diri untuk maju menjadi ketua karena adanya keinginan untuk kembali menghidupkan Iluni Biologi UI. Beliau ingin menggerakkan alumni-alumni untuk bisa terus memberikan manfaat bagi adik-adik yang ada di Biologi UI. Kak Shobi ingin keluarga Biologi UI bisa saling berbagi pengalaman, wawasan, dan menambah relasi. 

Menurut Kak Shobi, untuk menjadi Ketua Iluni dibutuhkan sikap yang realistis dan mampu belajar menerima hal-hal kecil. Menjadi ketua tentunya juga dibutuhkan hubungan yang baik dengan sesama anggotanya. Selain itu, untuk menjadi ketua harus bisa mengikuti ritme dan sistem yang ada pada saat ini. Bagi Kak Shobi, Iluni Biologi UI diibaratkan seperti spora dan pando. Spora efektif menyebarkan kehadirannya di lingkungan, sama seperti Iluni Biologi UI yang diharapkan mampu memberikan manfaat dari kehadirannya di setiap tempat. Pando adalah organisme terbesar di dunia yang mampu membentuk ekosistemnya sendiri. Pando dikenal dengan akarnya yang kuat dan saling bersatu. Begitupun dengan Iluni Biologi UI, yang memiliki kekuatan untuk bersatu dan saling membantu.

Biologi UI adalah satu keluarga, dengan adanya Iluni maka bisa menjadi rumah bagi para alumni untuk berbagi manfaat dengan anggota Biologi UI lainnya. Hanya ada sedikit orang yang memiliki kesempatan untuk mengecap pendidikan yang tinggi, dengan begitu kita harus memberikan banyak manfaat dan kontribusi untuk orang lain. Anggota Iluni Biologi UI memiliki sifat yang senang membantu. Contohnya, saat diadakan penggalangan dana untuk pandemi covid 19 dan ternyata acara berjalan dengan lancar serta mendapat banyak kontribusi dari para anggota.  Kak Shobi mengatakan Iluni memiliki rencana lanjutan terkait penggalangan dana. seperti rencana penggalangan dana untuk membantu BOP adik-adik yang masih menempuh pendidikan di Biologi. Banyak ide inovatif lainnya untuk Iluni Biologi UI kedepannya, contohnya adalah pemanfaatan digital aset seperti pembuatan webinar, podcast, dan lainnya.

Situasi seperti saat ini tidak mematahkan semangat dan kebersamaan dari Iluni Biologi UI. Bahkan menurut Kak Shobi, lebih mudah menentukan jadwal untuk suatu kegiatan saat online daripada offline. Salah satu yang berkesan adalah kegiatan Sorus. Sorus adalah singkatan dari silaturahmi akbar bareng alumnus, yaitu proker dari ukel HMD yang biasa dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Kegiatan Sorus tahun ini akan mengumpulkan sekurang-kurangnya 20 angkatan yang sudah lulus sejak tahun 2016/2021. Awalnya Kak Shobi khawatir kegiatan tersebut tidak berjalan dengan lancar dan menyenangkan karena harus dilakukan secara daring, ternyata Sorus terlaksanakan dengan cukup baik dan lancar. Bahkan, para alumni senior dari angkatan 90-an juga turut hadir untuk berpendapat, berkontribusi, dan berbincang sehingga mampu meramaikan acara.

Iluni sangat menyambut para alumni untuk ikut serta dalam tiap kegiatan. Kak Shobi berharap Iluni Biologi UI mendapatkan banyak kontribusi untuk merealisasikan ide-ide yang ada. Pesan dari kak shobi untuk kita semua adalah berbanggalah menjadi anak biologi dan nikmatilah prosesnya.

Ditulis oleh Staf Magang UKEL 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.