Pengalaman Menjadi PO INOKULASI

 

Halo, salam kenal semuanya perkenalkan nama saya Jihan Iqlima. Sejak saya masih mahasiswa baru, dari keempat BSO yang ada di Biologi, saya hanya tertarik dengan BSO KSM Proteus yang berfokus di bidang mikrobiologi. Menurut saya, karena dunia mikrobiologi sangat luas dan tidak hanya terpaku di biologi saja. Pada semester 2, saya diberi amanah oleh ketua KSM Proteus 2020/2021 yaitu kak Samuel Febrian untuk menjadi kepala bidang akademis dan pelatihan. Secara otomatis, saya langsung mendapatkan amanah untuk menjadi PO dari acara Inokulasi 2020 yang diadakan pada November s.d Desember tahun lalu.

Seleksi anggota KSM Proteus dimulai dari diadakannya pelatihan kelas 1 sampai dengan 3 yang membahas tentang makrofungi dan lichen; bakteri, mikrofungi, dan teknik dasar inokulasi; dan terakhir mikroalga. Agar calon anggota KSM Proteus memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang materi yang diajari pembicara, kami menginstruksikan calon anggota KSM Proteus untuk mengerjakan post test yang dikerjakan secara individu.

Selain post-test, kami ingin calon anggota untuk mengasah pemahaman yang sudah dijelaskan oleh pembicara dengan memberi mereka tugas online. Tugas online tidak hanya mengajarkan calon anggota tentang dunia mikrobiologi tetapi juga mengajarkan calon anggota cara untuk bekerja sama dalam kelompok, aktif berkreasi, dan juga bereksperimen. Setelah tugas online terakhir telah dipresentasikan oleh calon anggota. Kami mulai menilai masing-masing calon anggota. Penilaian termasuk dari absensi calon anggota, keaktifan di grup mentor, tugas online yang dikerjakan, dan juga nilai masing-masing individu dalam post-test. Terakhir, setelah kami mengumumkan anggota yang lulus pada laman instagram kami @ksmproteus, maka anggota yang terpilih akan menjalani pelantikan untuk dilantik secara resmi menjadi anggota KSM Proteus 05.

Salah Satu Sesi Inokulasi Online

Harapan kami untuk anggota baru KSM Proteus adalah inovasi-inovasi baru yang akan ditanamkan oleh anggota baru untuk generasi KSM Proteus berikutnya. Selain itu, kami juga berharap anggota baru agar selalu merasa disambut dan nyaman untuk menjadi bagian dari KSM Proteus, sehingga keinginan mereka tinggi untuk memajukan KSM Proteus. Terakhir, kami berharap semua ilmu soft skill ataupun hard skill yang telah diajarkan kepada anggota kami, akan bisa diterapkan di masa yang akan datang.

Tentunya, Inokulasi kali ini diadakan secara virtual. Sebelumnya, kami bisa menggunakan laboratorium dan alat-alatnya yang lengkap tetapi karena pandemi, maka ruang gerak kami terbatas. Tim AKPLAT serta PI BPH KSM Proteus melihat hal ini sebagai tantangan dan kesempatan untuk KSM Proteus. Kami memiliki tekad yang bulat untuk tetap memberikan yang terbaik untuk calon anggota KSM Proteus 2020. Oleh karena itu, kami bekerja dan terus berdiskusi bersama untuk mencapai tujuan kami. Alhamdulillah, pada tahun 2020, anggota KSM Proteus mengalami kenaikan sebesar 1,5% dari tahun 2019.

Segala pengalaman yang dialami oleh saya sebagai PO dan tim AKPLAT KSM Proteus 2020 merupakan pelajaran yang sangat berharga. Mulai dari kesusahan mencari ide untuk tugas Inokulasi, melalui perizinan yang ketat, dan kegiatan acara yang harus diundur dikarenakan kendala pembicara, dan masih banyak lagi. Duka yang kami alami, membuat tim kami semakin dekat dan terus mengevaluasi strategi kami untuk memberikan yang terbaik. Manfaat yang bisa dirasakan oleh kami semua adalah kami semua merasa beruntung dan bersyukur dapat mengerahkan yang terbaik untuk memberikan ilmu kepada anggota KSM Proteus 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.