Ada Apa dengan Platlab KSM Proteus?

Departemen Biologi Universitas Indonesia memiliki suatu badan otonom yang menjadikannya lebih unik dari departemen biologi di universitas lain. Salah satu badan semi otonom (BSO) Biologi UI adalah Kelompok Studi Mikroorganisme (KSM) Proteus. Secara garis besar, KSM Proteus merupakan suatu badan semi otonom yang bergerak di bidang mikroorganisme yang dibina oleh Bu Wellyzar Sjamsurizal. KSM Proteus tergolong BSO yang paling baru dibandingkan dengan BSO lainnya di Departemen Biologi.

Lalu apa saja sih kegiatan-kegiatan yang akan kita jumpai di KSM Proteus? Tentunya, kegiatannya tidak jauh-jauh dari mikroorganisme. KSM Proteus memiliki tiga divisi yang masing-masing bergerak sesuai dengan bidangnya. Ada EPS program kerjanya berupa Lecanora, proyeks sains, dan eksplorasi (melakukan penelitian mengenai isu yang beredar serta menghasilkan luaran yang akan dipublikasikan). akademi dan pelatihan (akplat) divisi ini fokus untuk mengurusi event-event yang ada di proteus sekaligus pelatihan, prokernya  terdiri dari inokulasi (kegiatan pelatihan, persiapan, dan kaderisasi anggota baru KSM Proteus), microclass (kegiatan mengajar dan diskusi interaktif mengenai topik mikrobiologi), dan platlab (pelatihan laboratorium) yang akan kita kupas pada artikel ini. HPDD (Hubungan Masyarakat, Publikasi, Dokumentasi, dan Desain), program kerjanya yaitu mengelola media sosial instagram untuk publikasi hari-hari besar, live report pelaksanaan suatu event. Selain itu, terdapat program kerja Fusarium, kegiatan dokumentasi serta publikasi informasi terkait bidang mikroorganisme di platform media sosial Line dan Instagram. Program kerja fusarium merupakan kolaborasi bersama akplat.

Di tengah pandemi seperti ini, tidak menghentikan KSM Proteus untuk tetap melaksanakan program kerja dan event-nya. Salah satu event terbaru dilaksanakan adalah pelatihan laboratorium (Platlab). Platlab jika dilaksanakan secara offline akan dilaksanakan di laboratorium sebagai sarana pelatihan skill anggota KSM Proteus agar terbiasa menggunakan alat-alat laboratorium seperti mikroskop. Event KSM Proteus terbaru dilaksanakan melalui webinar semi workshop yang dilaksanakan di dua waktu yang berbeda. Platlab pertama mengusung tema fermentasi (fermentation) yang berjudul Fermentation and the Benefits on Your Bodies, dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 19 Maret 2021 pukul 16.30 WIB melalui platform zoom dengan pembicara Kak Alif Orlando Biologi angkatan 2015. Produk fermentasinya berupa tempe, tape, dan yoghurt. Tujuan dari platlab ini, yaitu diharapkan peserta dapat menambah pengetahuan mengenai fermentasi dan peserta diberi kesempatan untuk langsung mengimplementasikan ilmu dengan membuat produk hasil fermentasi sendiri di rumah.

 

Platlab yang kedua yaitu Brunch with Proteus, dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 3 April 2021 pukul 10.00-11.00 melalui platform MS. Teams. Aktivitasnya, yaitu acara makan bersama hasil fermentasi yang sudah dibuat pada platlab pertama. Peserta harus meng-update proses pembuatan produk fermentasi dan menandai instagram official KSM Proteus sebagai bukti telah mengikuti serangkaian acara platlab pertama dan kedua. 

Manfaat dari event, yang pertama adalah mendapatkan hardskill dari ilmu tentang fermentasi secara lengkap mulai dari definisi, jenis-jenis, manfaat, kerugian, dan produk-produk fermentasi. Selain itu, diberikan pula penjelasan mengenai cara-cara membuat produk fermentasi dan tips-tips dalam membuat fermentasi. Yang kedua adalah mendapatkan softskill karena mempraktekkan dan eksplorasi secara langsung dengan membuat produk fermentasi yoghurt. Yang ketiga, pada saat Brunch with Proteus (event yang bersifat informal) bagi peserta yang beruntung mereka akan mendapatkan hadiah dari games yang disediakan. 

Kesan setelah mengikuti event ini, karena menggunakan platform online, ada saja hambatan atau kendala seperti sinyal internet yang kurang stabil dan/atau semacamnya. Pesan untuk platlab selanjutnya, semoga acara platlab selanjutnya hal-hal yang menjadi kendala seperti technical error bisa diatasi dan bisa menghasilkan tema yang lebih menarik lagi serta antusiasme yang lebih banyak lagi. 

Harapan untuk KSM Proteus semoga semakin berkembang, lebih baik lagi, bisa menarik lebih banyak orang untuk bergabung ke KSM Proteus ini, dan acara-acaranya menjadi lebih bermanfaat dan berkualitas. Sedangkan harapan untuk warga Biologi UI, semoga semakin banyak yang berminat untuk mempelajari mikroorganisme dan ikut bergabung ke KSM Proteus karena mikroorganisme merupakan suatu bidang yang cukup crucial di sekeliling kita contoh dekatnya seperti apa yang terjadi sekarang, yaitu pandemi tentunya sangat berkaitan erat dengan mikroorganisme, dan prospek kerja dari bidang mikroorganisme sangat luas. 

Narasumber : Erina Aurellia sebagai Project Officer Event Pelatihan Laboratorium 2021

Platlab Pertama:

Platlab kedua:

Leave a Reply

Your email address will not be published.